HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Manfaat telur bebek untuk kesehatan sangat banyak, mulai dari meningkatkan stamina tubuh hingga mencegah penyakit jantung. Meski kandungan gizinya tinggi, namun mengonsumsi telur bebek mentah dapat membahayakan kesehatan.

Selain mengandung protein, lemak, dan antioksidan, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral. Misalnya, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan. 

Ketimbang dimasak secara matang, kandungan nutrisi, mineral, lemak baik dan antioksidan di dalam telur bebek mentah lebih terjaga. Memasak telur bebek berisiko mengurangi kadar vitamin A, B5 serta kalium. 

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Jantung Lemah

Oleh karena itu, masyarakat pun tak jarang mengonsumsi telur bebek mentah secara langsung. Berikut sejumlah manfaat telur bebek untuk kesehatan, dikutip dari WebMD.

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur bebek rupanya bukan hanya dapat menjaga kulit tetap sehat, tapi juga berperan dalam memelihara kesehatan mata.Lutein dan Zeaxanthin adalah antioksidan yang membantu melindungi mata dari berbagai penyakit, mulai dari katarak, hingga degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan kandungan

Telur menjadi salah satu makanan yang sehat dikonsumsi selama hamil, termasuk telur bebek. Khasiat telur bebek untuk ibu hamil dikarenakan kandungan selenium di dalamnya.Selenium dapat menormalkan metabolisme hormon di dalam tubuh dan memperbaiki DNA yang rusak sehingga rahim lebih sehat, begitu pula janin di dalam kandungan bila Anda sedang hamil.

3. Meningkatkan kinerja otak

Telur bebek juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Salah satu kandungan telur bebek yang berperan dalam fungsi ini yakni, kolin.Kolin berperan besar dalam reaksi biokimia pada otak yang juga bisa mempercepat pelepasan protein asetilkolin pada otak. Protein yang dilepaskan tersebut dikeluarkan untuk membantu otak menjalankan fungsi dasarnya, termasuk memori.

4. Meningkatkan sel darah merah

Manfaat telur bebek ini datang dari vitamin B12 yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin dan sintesis DNA di dalam tubuh yang juga menyehatkan sel darah merah.Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan Anda mengalami gejala anemia, cepat pikun, memiliki keseimbangan tubuh yang buruk, serta sering kelelahan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Telur bebek juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Penelitian menunjukkan, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bisa membantu meratakan warna kulit, setelah diberikan selama 12 minggu. 

 Baca Juga: Bahaya Mengonsumsi Alkohol untuk Ibu Hamil

Jadi, boleh saja Anda mengonsumsi telur bebek, asal porsinya tidak berlebihan. Apalagi telur bebek yang sudah dijadikan telur asin. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa banyak telur bebek yang boleh Anda konsumsi.

Selanjutnya: Bahaya Mengonsumsi Alkohol untuk Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News