Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Anda pasti tidak asing dengan pete. Makanan khas yang kerap dikonsumsi sebagian masyarakat Indonesia ini begitu terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas.

Tidak hanya di Indonesia, pete juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Di beberapa negara tersebut, sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini juga digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diyakini bisa mengatasi berbagai penyakit. 

Pete mengandung banyak sekali nutrisi seperti karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, dan niasin yang punya manfaat tak kalah penting untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 5 Cara Tepat untuk Mengatasi Masalah Gigi Sensitif

Berbagai kandungan gizi yang ada dalam pete dapat Anda rasakan. Dilansir dari Web MD, ini berbagai manfaat dari pete untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, antara lain: 

Menjaga kesehatan jantung

Pete mampu memberikan peran dalam menjaga kesehatan jantung melalui kandungan nutrisinya yang bermanfaat.

Kandungan serat, antioksidan tinggi, serta elektrolit dan mineral seperti kalium dalam pete mampu mengendalikan agar tekanan darah tetap stabil. 

Sebagai organ vital dalam tubuh manusia, kesehatan jantung menjadi amat sangat penting untuk dijaga. 

Bantu melawan bakteri

Selain dagingnya, ekstrak biji pete juga memiliki manfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Ekstrak biji pete mengandung hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. 

Kesimpulan sementara dari penelitian yang sudah ada, ekstrak biji pete efektif melawan golongan bakteri jenis gram-negatif seperti Salmonella, Escherichia, dan Chlamydia. 

Memberi efek menenangkan

Berkat kandungan triptofan dalam pete memberikan manfaat untuk suasana hati Anda. Triptofan termasuk asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjalankan fungsinya.

Karena tidak dapat diproduksi sendiri, Anda harus mendapatkannya dari sumber lain seperti makanan atau suplemen. 

Zat ini biasanya digunakan untuk menangani masalah yang berkaitan dengan gangguan psikologis seperti kecemasan, perubahan emosi yang drastis, dan insomnia. 

Baca Juga: Ingin Donor Darah? Ketahui 5 Syarat Utama Sebagai Pendonor Darah

Menyehatkan saluran pencernaan

Pete merupakan sumber serat yang baik. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. 

Selain itu, serat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil bisa berkurang.

Menangkal radikal bebas

Menangkal radikal bebas juga termasuk dalam manfaat pete yang membuat sayuran ini sangat aman untuk dikonsumsi. 

Kadar antioksidan dalam pete mampu menjaga sel-sel tubuh terhadap dampak radikal bebas. Dengan manfaat ini, penyakit jantung, kanker, katarak, hingga penuaan dini dapat terhindarkan. 

Itulah sejumlah manfaat pete yang membuktikan bahwa sayuran pelengkap hidangan ini sangat aman dan penting untuk dikonsumsi. 

Meski pete memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, namun penting untuk tetap membatasi jumlah konsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News