HOME, Bugar

Dapat Mengontrol Tekanan Darah, Salah Satu Manfaat Mengonsumsi Pakcoy

Dapat Mengontrol Tekanan Darah, Salah Satu Manfaat Mengonsumsi Pakcoy

MOMSMONEY.ID - Pakcoy adalah sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga cruciferous, seperti kubis, brokoli, dan kembang kol. Nama ilmiah pakcoy adalah Brassica rapa chinensis, dikutip dari Healthline.

Manfaat pakcoy mungkin belum banyak diketahui orang. Padahal, sayuran yang mudah ditemukan di pasar ini mengandung beragam nutrisi penting yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit. 

Pakcoy atau bok choy mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuat manfaat pakcoy sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Simak 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat sayur pakcoy sangatlah beragam, bahkan bisa dirasakan hampir semua bagian tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat pakcoy yang harus Anda ketahui. 

1. Menjaga tekanan darah

Manfaat pakcoy adalah menjaga tekanan darah. Tidak heran, pakcoy mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat pakcoy selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata, seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Hal ini berkat kandungan vitamin A dan antioksidan beta karoten yang cukup banyak di dalam pakcoy.

3. Mencegah kanker

Sama seperti kebanyakan sayuran lainnya, sawi sendok juga berpotensi mencegah kanker. Sebab, pakcoy mengandung folat yang bisa mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi DNA.Pakcoy juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten, yang merupakan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Menurunkan tekanan darah

Sebagai makanan yang kaya akan kalsium dan kalium, pakcoy secara alami dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, vitamin B6 dan folat dalam pakcoy juga dapat membantu mengurangi produksi senyawa penyebab kerusakan pembuluh darah dan otot jantung.

5. Menjaga kesehatan tulang

Pakcoy mengandung berbagai macam nutrisi dan zat mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mulai dari zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K!Misalnya, fosfor dan kalsium, yang sangat penting untuk memperkuat struktur tulang. Kemudian ada vitamin K yang menjaga kestabilan kalsium di dalam tulang.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Ini Bisa Menyembuhkan Bibir Pecah-Pecah  

Itulah berbagai macam manfaat pakcoy beserta kandungan nutrisi lengkapnya. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi sayuran hijau dan lebih bervariasi, masukkan pakcoy ke dalam menu makananmu.

Selanjutnya: Selain Redakan Kanker, Inilah 5 Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News