Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jantung Pisang untuk Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 09 Desember 2021 | 10:34 WIB
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jantung Pisang untuk Tubuh

ILUSTRASI. Jantung pisang

MOMSMONEY.ID - Jantung pisang merupakan cikal bakal buah pisang. Bagian dari pohon pisang ini terdiri dari kulit luar yang berwarna merah tua, daging berwarna putih kekuningan yang ada di dalamnya, dan bunga pisang yang berada di bagian atasnya.

Dalam jantung pisang terdapat kandungan berbagai nutrisi penting, seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, asam amino esensial dan nonesensial yang diperlukan oleh tubuh, dilansir dari Mayo Clinic.

Selain itu, jantung pisang juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin, terutama di bagian bunganya. 

Bagi sebagian orang, jantung pisang bukan bahan asing dalam masakan. Bunga pisang yang berwarna ungu ini cukup banyak diolah dalam bentuk gulai atau tumis jantung pisang.

Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Gejala Maag pada Anak yang Perlu Diketahui

Rasanya pun enak jika dicampurkan bahan makanan lainnya. Dirangkum dari Mayo Clinic, beberapa khasiat dari jantung pisang ini bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda.

1. Mencegah penuaan dini

Tingginya kandungan vitamin E pada jantung pisang juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E terbukti mampu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang sehat akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel, serta mengurangi kerutan di wajah. 

2. Mengatasi diabetes dan anemia

Jantung pisang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh.

Selain itu, kandungan jantung pisang, yakni serat dan zat besi, dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengatasi gejala anemia. 

3. Melancarkan pencernaan

Serat pada jantung pisang didominasi oleh serat tidak larut air. Jenis serat ini diketahui sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Serat ini juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, maag, wasir, dan radang usus.

Baca Juga: Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Edamame untuk Tubuh

4. Menangkal radikal bebas

Manfaat lain dari jantung pisang adalah membantu Anda menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Radikal bebas biasanya dihasilkan oleh polusi udara dan radiasi sinar ultraviolet dari paparan cahaya matahari.

5. Tinggi kandungan antioksidan

Kandungan jantung pisang terdiri dari vitamin, flavonoid, dan protein. Ketiganya memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh. 

Antioksidan yang terdapat pada ekstrak jantung pisang, dipercaya dapat menstabilkan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis. 

Namun, ingat pula, di samping jantung pisang, masih ada banyak makanan lain yang bisa membawa manfaat untuk kesehatan.

Jadi, penting juga bagi Anda untuk melibatkan berbagai variasi makanan bergizi ke dalam menu harian. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan menu terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Urgensi vaksin booster Covid-19

Editor: Helvana Yulian
Terbaru