HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Jagung adalah salah satu jenis biji-bijian yang memiliki berbagai macam manfaat. Rasanya yang lezat, mudah didapat, kaya nutrisi serta padat gizi membuat jagung banyak digemari oleh banyak orang. 

Meskipun begitu, selama ini masih banyak yang belum tahu mengenai manfaat jagung untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan kandungan nutrisinya, dirangkum dari Everyday Health dan Healthline, berikut adalah berbagai manfaat jagung yang mungkin bisa Anda dapatkan.  

1. Menjaga kesehatan usus

Mengonsumsi jagung atau produk dari jagung utuh dapat membantu menjaga kesehatan usus, dibandingkan dengan makanan yang diproses dari tepung.  

Kandungan serat di dalam jagung dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Jadi, dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar. Serat pun mampu membuat Anda tetap kenyang di antara jadwal makan.  

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

2. Melindungi dari risiko penyakit jantung

Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan jantung karena membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian Food Science And Human Wellness, menyebutkan bahwa jagung penting dalam melindungi sekaligus menurunkan faktor risiko penyakit jantung.  

Penyakit jantung dan hipertensi (tekanan darah tinggi) berkaitan satu sama lain. Ini karena hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Tekanan darah tinggi bisa memperberat kinerja jantung sehingga dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah pada jantung. 

3. Jadi sumber energi

Manfaat jagung rebus dapat dikonsumsi sebagai sumber energi. Manfaat jagung rebus ini berasal dari adanya kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya. Maka tak heran jika banyak yang mengandalkan jagung rebus yang digunakan sebagai pengganti nasi. 

Karbohidrat merupakan sumber energi yang sangat penting. Yang utama adalah dapat menjadi stamina serta metabolisme yang mengonsumsinya.   

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

4. Menyehatkan mata

Jagung memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Antioksidan lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang berperan dalam hal ini. Kandungan ini bekerja dengan melindungi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru. Jadi, dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.  

Itulah beberapa manfaat jagung yang baik bagi kesehatan. Yang penting, konsumsilah jagung dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan. 

Selanjutnya: Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News