HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Daun sembung atau sambung nyawa, dan dikenal juga sebagai daun dewa, dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman dengan nama latin Gynura procumbens ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand, termasuk di Indonesia. 

Antioksidan yang terkandung dalam daun sembung dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kanker.

Selain itu, daun ini juga diyakini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan diabetes. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat daun sembung bagi kesehatan, simak manfaatnya berikut ini.

Baca Juga: 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar Jika Malas Cuci Tangan

1. Mencegah penyakit ginjal

Sebuah penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

Masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun sembung pada kesehatan, efektivitasnya mencegah penyakit, serta dosis dan keamanannya bila digunakan sebagai pengobatan herbal. 

2. Meredakan peradangan

Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam ekstak daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus. Oleh karena itu, tanaman ini dapat meredakan peradangan, seperti rematik.

3. Melawan kuman penyebab infeksi 

Kegunaan ekstrak daun sembung dalam mengatasi kuman penyakit telah banyak diteliti. Daun ini dilaporkan dapat mencegah perkembangbiakan Plasmodium penyebab malaria.

Daun sembung juga bisa menghambat aktivitas virus penyebab herpes simpleks, bakteri penyebab infeksi, seperti Bacillus cereus dan Salmonella typhi, serta jamur penyebab kurap, seperti Candida albicans dan Aspergillus niger. 

Baca Juga: Daun Sirsak, Tanaman Pembunuh Sel Kanker

4. Membantu melawan kanker

Tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk kanker darah, kanker rahim, dan kanker payudara.

Ekstrak dari daun sembung menunjukkan aktivitas yang dapat mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, serta dapat membunuh sel tersebut. Dengan begitu, penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah.

5. Mengatasi diabetes dan kemandulan

Daun ini juga dapat mengatasi masalah kemandulan akibat diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma, serta mengurangi persentase sperma yang mati. 

Meski banyak khasiat atau manfaat daun sambung nyawa yang sudah diteliti, belum ada bukti yang cukup untuk memastikan manfaat tanaman ini dalam pengobatan.

Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun sambung nyawa, terlebih jika Anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu, sedang hamil, atau sedang menyusui.

Selanjutnya: Moms Perlu Tahu! 5 Manfaat Rebusan Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News