HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Melinjo untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Melinjo untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID -  Melinjo atau Gnetum gnemon merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan pulau-pulau yang berada di sekitar Samudera Pasifik.

Meski buahnya sering dituduh menjadi penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh, pada dasarnya baik buah maupun daunnya memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

Manfaat daun melinjo seringkali diabaikan karena dinilai bisa mengakibatkan asam urat. Namun, Anda sebaiknya tidak menghindari bagian daun dari tanaman ini karena manfaatnya bagi kesehatan ternyata cukup banyak. 

Berdasarkan penelitian dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, daun melinjo (Gnetum gnemon) sangat kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh manusia.

Daun melinjo yang dikonsumsi sebagai makanan atau minuman herba (jamu) dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun melinjo yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh yang Sudah Terbukti Khasiatnya

1. Menurunkan kadar asam urat

Berbeda dengan bijinya yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi, bagian kulit biji dan daun melinjo justru baik untuk menurunkan asam urat. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi daun melinjo terlihat dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Meski demikian, manfaat daun melinjo sebagai obat asam urat masih perlu diteliti lebih lanjut. 

2. Mencegah penuaan dini

Kalau bicara soal mencegah penuaan dini, mungkin makanan yang sering disebut-sebut adalah yang mengandung kolagen seperti sup kaldu tulang. Namun, siapa sangka daun melinjo juga dapat membantu Anda mencegah penuaan dini?

Kadar antioksidannya yang tinggi ternyata mampu menangkal radikal bebas dan merangsang produksi kolagen sehingga kulit cepat meregenerasi sel-selnya yang mati. 

Tak cuma perawatan dari luar, kulit tubuh juga memerlukan perawatan dari dalam. Jadi, mengonsumsi daun melinjo dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut. 

3. Mengelola kadar gula dalam darah

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan bisa memicu terjadinya resistensi insulin. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa berkembang menjadi penyakit diabetes.

Beberapa studi di laboratorium menyebutkan bahwa ekstrak daun melinjo dapat mengontrol kadar gula darah serta meningkatkan efektivitas kinerja hormon insulin.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa daun melinjo memiliki potensi sebagai obat herba untuk mengontrol gula darah.

4. Membantu meredakan infeksi gusi

Daun melinjo sendiri bukanlah obat periodontitis. Namun, tingginya kadar antioksidan dalam daun melinjo dapat mempercepat penyembuhan peradangan gusi.

Periodontitis hanya bisa disembuhkan dengan penghalusan akar, pembersihan karang gigi, hingga pengangkatan plak serta jaringan pendukung gigi yang telanjur rusak.

5. Menyembuhkan diare

Penelitian lain dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, terhadap efek antioksidan ini menunjukkan manfaat daun melinjo lainnya sebagai pembasmi bakteri Escherechia coli. Bakteri E. coli ini merupakan patogen yang paling sering mengakibatkan diare pada anak-anak maupun orang dewasa.

 Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Menyembuhkan Asam Urat

Karena termasuk salah satu makanan sehat, daun melinjo boleh saja Anda masukkan ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, agar tubuh tetap sehat, jangan hanya mengandalkan daun melinjo.

Anda tetap perlu menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, mengurangi stres, dan beristirahat yang cukup.

Selanjutnya: Anda Wajib Tahu Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News