HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buncis yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buncis yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buncis adalah sayuran berwarna hijau cerah yang mirip dengan kacang panjang. Bedanya, sayuran ini berukuran lebih pendek dan bentuknya agak melebar. 

Buncis bisa dikonsumsi secara mentah sebagai lalapan atau diolah menjadi sajian sayur pelengkap saat makan nasi. Manfaat buncis ternyata sangat beragam. 

Entah ditumis, dijadikan pelengkap salad, atau dimakan mentah sebagai lalapan, buncis bisa menambah nutrisi dalam pola diet Anda.  

Berbagai nutrisi dan mineral yang terkandung dalam sayuran ini ternyata dapat membantu mengurangi dan mencegah berbagai kondisi kesehatan. 

Berdasarkan berbagai penelitian yang sudah dilakukan, berikut manfaat buncis untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Ejakulasi Dini

1. Meningkatkan kesuburan wanita

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard Medical School menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita di usia produktif. 

Kabar baiknya, buncis adalah salah satu sayuran yang kaya akan zat besi. Jadi, bagi Anda yang ingin cepat hamil, tambahkan buncis ke dalam menu makanan harian Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. 

2. Meredakan depresi

Konsumsi asam folat yang cukup juga dapat mencegah kelebihan homosisteine dalam tubuh. Homosistein sendiri merupakan molekul yang dibutuhkan tubuh untuk mensintesis semua protein tubuh dalam tubuh. 

3. Mencegah kanker

Buncis mengandung tinggi klorofil yang jika dikonsumsi bersama dengan daging panggang, bisa menurunkan risiko kanker dengan menghadang efek karsinogenik. Oleh karena itu buncis kerap disandingkan dengan steik. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dan antioksidan pada buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat, termasuk buncis dan kacang-kacangan, berisiko lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah.  

5. Memperkuat tulang

Vitamin K sendiri berperan untuk mengubah protein dalam tulang, mengoptimalkan penyerapan kalsium, serta mengurangi ekskresi kalsium dari urin. Tidak heran jika kekurangan vitamin K sering dihubungkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Mengenal Pola Diet Sirtfood dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat

Namun ingat, untuk mendapatkan manfaat secara optimal dari vitamin, mineral, dan antioksidan seperti yang ditemukan pada buncis ini, Anda disarankan untuk mengonsumsinya langsung dari sayuran dan buah. 

Mengonsumsi suplemen tidak akan memberikan manfaat yang sama besarnya dengan mengonsumsi langsung.

Selanjutnya: Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Gairah pada Wanita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News