HOME, Bugar

Menurunkan Tekanan Darah, Salah Satu Manfaat Anda Menyantap Tomat

Menurunkan Tekanan Darah, Salah Satu Manfaat Anda Menyantap Tomat

MOMSMONEY.ID - Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Meskipun murah, tomat memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan tomat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Selain itu, tomat bisa dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tomat adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menghalau radikal bebas.

Radikal bebas diketahui dapat merusak sel dan jaringan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, dikutip dari Medical News Today.

Baca Juga: 5 Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen. Tubuh membutuhkan kolagen untuk menunjang kesehatan kulit dan sendi, meningkatkan imunitas, serta membantu penyerapan zat besi.

Tomat sering dipandang sebelah mata dan hanya dijadikan penghias makanan. Sayang sekali, karena ada beragam manfaat tomat yang memberikan kesegaran hidup. Bahkan, beberapa studi melaporkan manfaat tomat tersebut termasuk menjaga organ seperti jantung.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat tomat yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu kesehatan sistem pencernaan

Manfaat makan tomat mentah berkhasiat untuk menurunkan risiko gangguan pada usus, sehingga secara umum bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan seratnya pun dapat membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot saluran pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sembelit atau konstipasi.

2. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya menjaga organ di dalam tubuh, manfaat buah tomat juga dapat dirasakan oleh kulit. Sebab, beberapa penelitian menyimpulkan, likopen yang banyak terkandung dalam tomat dapat melindungi kulit dari kondisi sunburn.

Baca Juga: Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi

3. Mengendalikan radikal bebas

Tomat kaya dengan berbagai molekul antioksidan, molekul yang berperan dalam mengendalikan radikal bebas berlebih. Radikal bebas yang tak terkendali dapat menimbulkan kerusakan sel dan berujung pada penyakit. Beberapa molekul antioksidan pada tomat yaitu likopen, beta-karoten, dan asam klorogenat.

4. Mengendalikan tekanan darah

Mengonsumsi tomat dengan rutin berpotensi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat tomat ini bisa didapatkan karena kandungan kalium (potassium) yang lumayan tinggi di dalamnya.

Kalium dapat bertindak sebagai vasodilator, karena dapat memperlebar pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Dengan begitu, tekanan darah pun berpeluang untuk turun.

5. Menjaga kesehatan jantung

Tomat kaya dengan senyawa likopen. Pigmen pemberi warna kemerahan ini dilaporkan dapat mencegah oksidasi lipid, kondisi yang dapat memicu penyakit jantung. Studi pun menemukan bahwa buah tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida.

Dengan begitu besarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan gizi tomat, rasanya sayang bila melewatkan tomat dalam menu makan sehari-hari.

Agar mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi tomat segar yang sudah dimasak dan dikombinasikan dengan sumber lemak baik juga makanan sehat lainnya.

Selanjutnya: Durian, Memiliki Senyawa untuk Melawan Infeksi Bakteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News