HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah plum adalah salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di negara barat, seperti Amerika dan Eropa. Buah plum kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Buah plum mungkin masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat buah plum sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. 

Berbagai penelitian tentang manfaat buah plum untuk kesehatan manusia terus dilakukan karena memiliki potensi besar dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan.

Baca Juga: Jangan Panik! Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah

1. Menurunkan berat badan

Buah plum termasuk buah yang rendah kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin A. Berkat kandungan inilah buah plum baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

2. Menurunkan kolesterol

Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut dan berfungsi membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh organ hati.

3. Mengontrol gula darah

Sebagai buah yang banyak mengandung serat, manfaat buah plum juga untuk membantu mengontrol gula darah agar naik secara perlahan, bukan tiba-tiba, setelah memakan karbohidrat.

Buah plum juga memberikan sinyal kepada tubuh untuk memproduksi hormon adiponectin, yaitu hormon yang membantu meregulasi level gula darah dalam tubuh.

Serat dalam buah plum juga membantu memperlambat tubuh menyerap karbohidrat setelah makan, sehingga gula darah naik secara perlahan dan tidak tiba-tiba.

4. Mencegah sembelit

Buah plum juga terkenal dengan kandungan serat alami yang sangat tinggi. Kandungan serat dalam buah plum ini bermanfaat untuk memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangannya. Konsumsi buah plum secara teratur dapat menurunkan risiko Anda mengalami sembelit.

5. Mencegah osteoporosis

Mengonsumsi buah plum kering secara rutin juga baik untuk kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan boron di dalamnya bisa memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh. Tak hanya itu, buah plum kering juga kaya kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

 Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menderita Sakit Maag

Untuk mendapatkan beragam manfaat buah plum yang telah dipaparkan di atas, Anda perlu mengonsumsi buah ini secara rutin. Namun, jangan hanya mengandalkan buah plum untuk menjaga kesehatan.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News