Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga. Cari Tahu Yuk!

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Buah naga merupakan buah yang bisa ditemukan di wilayah tropis di seluruh dunia. Pada awalnya, buah naga tumbuh di Meksiko Selatan dan Amerika Selatan.

Buah naga memiliki beberapa jenis. Di Indonesia, ada dua varietas atau jenis buah naga yang umum ditemukan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. 

Selain baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian, kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga merah juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Cara Ampuh Membuat Wajah Glowing dengan Bahan Alami

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, antara lain: 

Mengurangi risiko kanker

Senyawa antioksidan di dalam buah naga, baik dari likopen maupun hydroxycinnamates, juga memiliki khasiat untuk membantu mencegah kanker.

Dilansir dari Food Insight, mengonsumsi makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru. 

Meningkatkan kesehatan usus

Buah naga memiliki kandungan prebiotik sehingga bisa meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus.

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan dua bakteri sehat, yakni bakteri asam laktat dan bakteri bifidobacteria. 

Meningkatkan kadar zat besi

Buah naga merupakan salah satu buah yang mengandung zat besi, yang penting untuk pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi, buah naga bisa menjadi pilihan yang tepat karena satu porsinya mengandung 8 persen dari kebutuhan harian zat besi. 

Baca Juga: Waspada Perut Buncit! Bisa Jadi Ada Kista dalam Perut

Meredakan batuk dan flu

Buah naga juga dapat membantu meredakan batuk dan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Pasalnya, mengonsumsi makanan atau buah mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga bisa mempercepat penyembuhan.  

Mengurangi jerawat

Selain mencegah tanda penuaan, manfaat buah naga untuk kulit lainnya adalah mengurangi jerawat. Oleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. 

Meski buah naga memiliki segudang manfaat, tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap buah naga.

Jika memiliki masalah kesehatan tertentu dan ragu apakah Anda boleh mengonsumsi buah naga atau tidak, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk memastikannya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News