HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kedondong merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, buah kedondong mudah ditemukan dan sering kali dikonsumsi sebagai bagian dari menu makan sehari-hari. 

Buah kedondong juga mengandung vitamin A sebanyak 233 IU, 30 mg vitamin C,  kalsium sebanyak 15 mg kalsium, 3 mg zat besi, dan 22 gram fosfor.

Tak lupa, di dalam daging kedondong mengandung serat makanan serta vitamin B kompleks seperti thiamin dan riboflavin, dilansir dari Healthline.

Manfaat kedondong ternyata terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang satu ini umumnya mudah ditemukan di dalam rujak.

Tekstur buah ini cukup keras, dengan rasa manis ataupun rasa asamnya yang khas. Beberapa manfaat kedondong untuk kesehatan, di antaranya.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 5 Manfaat Buah Naga yang Telah Terbukti Khasiatnya

1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit dan memeliharanya secara keseluruhan. 

Buah ini juga dianggap bisa meningkatkan kecantikan kulit. Sebab, menurut riset terbitan Nutrients, vitamin C meningkatkan pembentukan kolagen sehingga kulit tetap kenyal dan kencang. 

2. Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

Jika menggigit daging buah kedondong, akan terasa serabut-serabut serat di mulut. Kandungan serat buah kedondong dapat membantu memperlancar BAB dan memenuhi kebutuhan serat harian. 

3. Menjaga kesehatan mata

Kedondong kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dengan tercukupinya asupan vitamin A, risiko Anda terkena gangguan penglihatan pun akan lebih rendah, misalnya rabun senja. 

Selain itu, kedondong juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: Mengenal 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

4. Menangkal radikal bebas

Kedondong merupakan salah satu buah yang mengandung zat antioksidan. Kandungan zat antioksidan, menurut dr. Atika, punya manfaat untuk menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit.

5. Membantu menurunkan berat badan

Buah kedondong mengandung rendah lemak dan kalori, tetapi tetap memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah ini merupakan buah ideal untuk menurunkan berat badan karena tingginya kandungan seratdan air yang bisa memberikan rasa kenyang, serta mencegah makan berlebihan.

Manfaat kedondong terbukti baik untuk menjaga kesehatan. Karena kaya nutrisi, manfaat buah kedondong bahkan mampu melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit.

Selanjutnya: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Program Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News