HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Bengkoang untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Bengkoang untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Bengkuang atau bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya nikmat, manfaat bengkoang bagi kesehatan juga tidaklah sedikit.

Bengkuang bisa melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, hingga menjaga kesehatan jantung dan otak. Selama ini, bengkoang (Pachyrhizus spp) dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran rujak.

Selain rujak, bengkoang juga nikmat bila dikonsumsi secara langsung. Terlepas dari rasanya yang menyegarkan karena banyak mengandung air, bengkoang ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bengkoang juga dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk mereka yang sedang berupaya mencapai berat badan ideal. Manfaat buah bengkoang lainnya untuk kesehatan tubuh sebagai berikut. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya serat

Manfaat bengkoang untuk kesehatan selanjutnya adalah memproduksi bakteri baik di pencernaan. Ketika sistem pencernaan penuh dengan bakteri baik, maka akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh, berat badan, bahkan mood.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bengkoang memberi manfaat untuk kesehatan jantung dalam berbagai cara. Pertama, kandungan antioksidan yang ada dalam jenis umbi ini dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk pada jantung.

Selain itu, serat di dalamnya pun dapat membantu menurunkan peradangan, kadar kolesterol jahat(LDL), dan tekanan darah.

Sejalan dengan hal itu, tekanan darah juga dapat terkontrol karena kandungan kalium yang tersimpan di dalam bengkuang. Adapun berbagai khasiat tersebut dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung, 

3. Meningkatkan fungsi otak

Meski dalam jumlah kecil, kandungan vitamin B6 dalam bengkoang ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Vitamin ini mampu membantu otak dan saraf untuk bekerja lebih baik. Vitamin B6 juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energi.

Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks dari bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak.

Baca Juga: Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

4. Menstabilkan gula darah

Kandungan serat dalam bengkoang juga membuat proses cerna lebih pelan sehingga kadar gula darah tidak meningkat drastis. 

Menurut riset terbitan Journal of Advanced Veterinary and Animal Research, manfaat bengkoang dari serat ini efektif dalam mempertahankan menjaga kadar glukosa darah. Bahkan, sekaligus mencegah perkembangan diabetes dan obesitas dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat bengkoang untuk menjaga kesehatan kulit tentu sudah sering Anda dengar. Khasiat ini bisa Anda peroleh karena kandungan vitamin C yang ada dalam bengkoang. Adapun vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat. 

Jenis vitamin ini dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit karena berperan dalam sintesis kolagen dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering, serta melindungi kulit dari sinar matahari.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur Bisa Melemahkan Sel Kanker

Selain beberapa manfaat di atas, tanaman umbi ini juga dipercaya mampu mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin. Namun, manfaat bengkoang yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Bengkoang memang dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu dimasak. Namun, penting untuk diingat, pilihlah bengkoang dengan kualitas tinggi dan pastikan bengkoang telah dikupas dan dibersihkan dengan sempurna agar bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya: Gejala Penyakit Tuberculosis (TBC) yang Perlu Anda Waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News