Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan, Anda Bisa Coba

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan, Anda Bisa Coba

MOMSMONEY.ID - Yuk simak, kandungan nutrisi dan manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan.

Wijen merupakan salah satu biji-bijian yang sarat nutrisi, sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, biji wijen perlu dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak dan secara rutin untuk manfaat yang optimal. Biji wijen kaya akan protein, vitamin, mineral dan antioksidan, serta serat dan lemak sehat.

Berkat kandungan nutrisinya yang kaya tersebut, biji wijen juga bisa diolah menjadi minyak. Bahkan, sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. 

Dilansir dari Greatist dan Healthline, berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda bisakan dari mengonsumsi biji wijen secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Manggis yang Perlu Anda Ketahui, Bisa Mengontrol Gula Darah

Kaya antioksidan

Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa biji wijen dan minyaknya bisa memberikan dampak positif pada stres oksidatif, dan berpotensi untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

Sebab, wijen mengandung senyawa fenolik, seperti lignan, yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Dengan mengurangi stres oksidatif, fenolik bisa membantu mencegah berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan tulang

Wijen, baik yang sudah dikuliti maupun yang tidak, kaya akan beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah kalsium yang banyak terbisa di kulit wijen. 

Namun, biji wijen juga mengandung senyawa alami, yaitu oksalat dan fitat yang bisa mengurangi penyerapan mineral. Untuk menyiasati dampak senyawa tersebut, cobalah merendam atau memanggang wijen.

Kaya akan vitamin B

Tubuh kita tidak bisa menyimpan sebagian besar vitamin B, sehingga kita perlu menbisakan asupan vitamin tersebut secara teratur dari makanan.

Vitamin B sangat berperan penting untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi yang bisa digunakan tubuh. Nutrisi tersebut juga mendukung pertumbuhan sel dan produksi sel darah merah. 

Baca Juga: Sederet Resep Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Moms Wajib Coba Nih!

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat biji wijen yang lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semua nutrisi dalam biji wijen bisa membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Biji ini mengandung banyak kandungan yang sama dalam suplemen makanan penambah imun. Nutrisi ini termasuk vitamin B6, vitamin E, zat besi, seng, tembaga, dan selenium.

Bisa mengontrol gula darah

Manfaat biji wijen yang terkahir adalah mengontrol gula darah. Wijen adalah makanan yang rendah karbohidrat, namun mengandung protein tinggi dan lemak sehat.

Biji wijen mengandung senyawa yang disebut pinoresinol untuk membantu mengontrol gula darah dengan menurunkan kadar glukosa. Jadi, biji wijen sangat aman untuk pengidap diabetes.

Mengingat ada banyak manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mulai memasukkan biji wijen ini ke dalam makanan Anda sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News