HOME, Bugar

Kandungan dan Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Kandungan dan Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Ikan kerap menjadi pilihan menu makanan sehat karena mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya manfaat dan baik untuk Anda konsumsi selama kehamilan. 

Selain rasanya yang lezat, salmon memiliki nilai gizi yang tinggi. Di dalam salmon terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan beragam vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan B, mulai dari B1-B6, B9, hingga B12.

Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Baca Juga: Penyebab Diabetes Gestasional pada Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

Untuk ibu hamil, mengonsumsi salmon yang sudah matang bisa memberikan beragam manfaat kesehatan, antara lain sebagai berikut.

1. Menangkal penyakit berbahaya

Selain omega-3 dan protein, salmon juga mengandung beragam vitamin seperti A, D, dan E. Semua ini akan menurunkan risiko bumil mengalami masalah pada mata, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan jantung selama hamil.

Sedangkan vitamin B Kompleks yang juga terdapat di dalamnya akan mencegah bayi lahir cacat serta meringankan beberapa gejala kehamilan yang Anda rasakan selama hamil.

2. Mencegah kelahiran prematur

Meski mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, salmon justru rendah akan lemak jenuh. Artinya, hal ini baik untuk tubuh ibu hamil dan dapat membantu mencegah persalinan prematur. Selain itu, Anda yang rutin mengonsumsi salmon memiliki risiko preeklampsia lebih kecil dan dapat meningkatkan berat lahir bayi nantinya.

3. Membantu pembentukan sel-sel baru

Asam amino memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Kandungan ini pun ada di dalam salmon yang akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan sel darah putih.

Kandungan asam amino dalam salmon juga membantu mencegah inflamasi, melindungi sendi dari cedera, memastikan insulin dalam tubuh bekerja dengan maksimal serta melindungi organ pencernaan.

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

4. Membantu perkembangan otak janin

Kandungan omega-3 dalam salmon terbagi menjadi EPA dan DHA. Keduanya diketahui dapat membantu perkembangan otak bayi sejak masih di dalam kandungan. Kesehatan jantung serta indra penglihatan janin serta bumil juga akan lebih terjaga hingga proses persalinan tiba.

5. Sumber energi untuk ibu hamil

Protein yang didapatkan dari asupan makanan terbaik dapat diubah menjadi energi untuk mendukung aktivitas harian bumil. Salmon pun memiliki kandungan protein yang baik sebagai sumber energi serta membantu mengontrol peningkatan jumlah hormon dalam tubuh bumil.

Pastikan saat memasak ikan salmon dagingnya benar-benar matang, ya. Hal ini akan membuat daging ikan salmon lebih aman untuk dimakan di masa kehamilan.

Selanjutnya: Jangan Coba-Coba, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News