HOME, Keluarga

Kamar Mandi Terasa Suram? Optimalkan Pencahayaannya dengan Trik Ini

Kamar Mandi Terasa Suram? Optimalkan Pencahayaannya dengan Trik Ini

MOMSMONEY.ID - Pencahayaan terkadang menjadi faktor yang terlupakan saat mendesain kamar mandi, sehingga kamar mandi tersebut akhirnya terasa suram dan gelap.

Padahal, pencahayaan di kamar mandi cukup penting untuk menghadirkan kesan yang inviting, sehingga momen mandi dan membersihkan diri di kamar mandi akan semakin nyaman.

Pertanyaannya, jika kamar mandi di rumah terkesan gelap dan suram, bagaimana cara memaksimalkan pencahayaan di dalamnya?

Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Keramik Dinding dan Lantai, Apa Saja?

Kombinasikan berbagai sumber pencahayaan

Salah satu cara termudah untuk memaksimalkan pencahayaan di dalam kamar mandi yang gelap adalah dengan mengombinasikan berbagai sumber pencahayaan sekaligus.

Dikutip dari Architectural Digest, teknik yang dinamakan lighting layering ini biasanya mengombinasikan tiga jenis pencahayaan, yaitu:

  • Ambient lighting dari lampu di plafon.
  • Task lighting untuk area tertentu (misalnya area shower atau cermin).
  • Accent lighting untuk menonjolkan dekorasi kamar mandi, misalnya di sekitar wastafel.

Melansir Houzz, jika Anda memiliki kamar mandi yang cukup luas, sebaiknya sebar beberapa lampu sekaligus supaya pencahayaan di kamar mandi semakin terang.

Gunakan warna dan material kamar mandi yang netral

Jika Anda baru akan membangun atau merenovasi kamar mandi yang minim akses pencahayaan alami, coba pilih material kamar mandi dengan warna-warna yang netral yang bersih, misalnya putih atau krem. Hal ini akan membantu membuat kamar mandi terlihat lebih lapang dan cerah.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan material yang digunakan. Pilihlah material yang simpel, misalnya keramik polos tanpa desain yang terlalu rumit.

Baca Juga: Mencermati Kriteria Rumah yang Sehat, Seperti Apa Ya?

Gunakan permukaan reflektif

Penggunaan warna seperti putih dan krem bukan satu-satunya cara untuk menghadirkan ilusi kamar mandi yang cerah.

Anda pun bisa membuat kamar mandi yang gelap dan suram terlihat lebih cerah dengan keberadaan permukaan reflektif seperti cermin. Karena sifatnya yang bisa memantulkan cahaya, cermin akan membantu menyebarkan cahaya ke seluruh kamar mandi sehingga memberi kesan cerah dan lapang.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan pencahayaan di kamar mandi gelap. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News