Keluarga

Kamar Mandi Mudah Bau? Atasi Dengan 10 Cara Ini Dijamin Harum Sepanjang Hari

Kamar Mandi Mudah Bau? Atasi Dengan 10 Cara Ini Dijamin Harum Sepanjang Hari

MOMSMONEY.ID -  Pernahkah Anda menyadari kamar mandi di rumah cepat berbatu tak sedap? Tenang dulu, ada cara mudah mengatasinya supaya kamar mandi terus harum sepanjang hari.

Kamar mandi yang hatum tentu akan membuat suasana hati jadi baik. Sebaliknya kamar mandi yang bau bisa membuat suasana hati jadi buruk. Apalagi setelah lama Anda tinggal mudik. Lalu bagaimana cara membuat kamar mandi tetap harum sepanjang hari? 

Baca Juga: Dari Musuh Jadi Sahabat? Simak Ceritanya Dalam 4 Drama Korea Ini

Kamar mandi akan terasa harum jika Anda baru saja selesai mandi. Bau sabun dan body lotion Anda akan menyebar ke seluruh ruangan. Namun dalam hitungan menit, kamar mandi bisa menjadi berbau tak sedap jika kamar amndi Anda lembap dan kotor.

Melansir My Domaine, ada 10 cara bikin kamar mandi Anda harum sepanjang hari. 

1. Bersihkan kamar mandi sesering mungkin

Kunci utama membuat kamar mandi tetap harum sepanjang hari adalah membuat kamar mandi Anda selalu dalam keadaan bersih. Sehingga ada baiknya Anda membersihkan kamar mandi sesering dan sebisa mungkin. 

Sesederhana mengelap wastafel yang ada di dalam kamar mandi Anda bisa membuat lembap dan bau tak enak menghilang. Selain itu coba secara rutin mencuci keset atau handuk seminggu sekali dan gosok toilet Anda sesering mungkin. 

2. Gunakan diffuser kecil

Diffuser adalah sebuah alat yang bisa mengeluarkan aroma harum ke udara melalui pemanasan, kompresi udara atau ultrasonik. Biasanya diffuser diisi dengan campuran essential oil. 

Gunakan diffuser di kamar mandi Anda. Letakan di belakang wastafel, toilet atau di dudukan lain. Diffuser akan membuat kamar mandi Anda seperti tempat SPA dengan harum yang membuat relaks. 

3. Coba gunakan paket pengharum

Untuk aroma harum yang lebih lama, gunakan satu paket pengharum ruangan. Paket pengharum ini biasanya terdiri dari manik-manik pengharum atau campuran bunga rampai. Paket pengharum ini kecil dan mudah dipindahkan tanpa takut menumpahkan minyak seperti jika menggunakan diffuser. 

4. Hati-hati dengan handuk lembap

Salah satu penyebab bau tak sedap di kamar mandi adalah handuk yang lembap dan lama tak dicuci. Sehingga sebaiknya segera gantung handuk lembap Anda setelah selesai digunakan. Jangan lipat handuk yang lembap dan cuci secara rutin setidaknya setiap seminggu sekali. 

5. Gunakan sabun mandi dengan aroma harum yang Anda suka

Salah satu cara membuat kamar mandi Anda tetap harum sepanjang waktu adalah dengan memanjakan diri Anda dengan aroma sabun yang Anda suka. Ini adalah cara paling mudah membuat kamar mandi Anda harum. Anda juga bisa menggunakan bubble bath atau bath bombs. 

6. Pastikan kamar mandi Anda memiliki ventilasi yang cukup

Penting bagi Anda untuk memberikan ventilasi yang cukup pada kamar mandi. Sehingga aliran udara lebih lancar dan kamar mandi tidak mudah lembap. Jika Anda tak memiliki ventilasi, pasang kipas angin di kamar mandi. 

Kemudian, setiap seleai mandi buka jendela atau pintu kamar mandi selama 10-15 menit. Kamar mandi Anda membutuhkan udara segar untuk mencegah ruangan menjadi lembap dan bau. 

7. Tambahkan produk penyerab bau dan lembap
Produk yang mudah Anda temukan di toko terdekat ini sangat membantu kamar mandi Anda untuk tidak lembap dan berbau. Meskipun produk ini membuat kamar mandi Anda terlihat tak indah, ini cara mudah untuk membuat kamar mandi tetap harum sepanjang hari. Anda bisa meletakan produk ini pada keranjang kemudian taruh di rak atau di atas toilet duduk Anda. 

Baca Juga: Penting Diterapkan, 5 Tips Skincare untuk Mencegah Kanker Kulit

8. Gunakan tanaman di kamar mandi 
Sedikit tanaman hijau dapat mempercantik kamar mandi Anda. Selain itu, tanaman dengan aroma yang kuat seperti lavender atau daun mint akan membuat bau tak sedap hilang dari kamar mandi Anda. 

9. Gunakan detergen atau pelembut kain di tangki toilet

Toilet Anda bisa menjadi sumber bau tak sedap di kamar mandi. Untuk mencegah toilet berbau tak sedap, coba tambahkan sedikit detergen yang harum atau pelembut kain ke tangki toilet. Saat Anda menyiram toilet, air dengan aroma detergen yang keluar akan membantu kamar mandi jadi lebih harum. 

10. Buang sampah di kamar mandi

Jika Anda terbiasa dengan tempat sampah di kamar mandi, jangan lupa untuk rutin membuangnya. Menyimpan sampah terlalu lama di kamar mandi akan membuat ruangan tersebut berbau tak sedap. 

Demikian 10 cara membuat kamar mandi Anda memiliki aroma harum sepanjang hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News