HOME, Keluarga

Kalau Mau Punya Kulit yang Indah, Hentikan 6 Kebiasaan Ini Sekarang Juga

Kalau Mau Punya Kulit yang Indah, Hentikan 6 Kebiasaan Ini Sekarang Juga

MOMSMONEY.ID - Sebagian besar orang terutama wanita tentu mendambakan kulit yang sehat dan terlihat indah. Untuk mewujudkannya, berbagai produk skincare sesuai kebutuhan kulit dapat dijadikan andalan.

Selain penggunaan skincare, menciptakan kulit yang indah juga harus dibarengi dengan melakukan kebiasaan yang disarankan dan menghentikan kebiasaan yang hanya akan merugikan kulit.

Berbicara tentang kebiasaan yang dapat merugikan kulit, kira-kira apakah Anda sudah tahu kebiasaan apa sajakah itu? Melansir Annmarie Skin Care, inilah 6 di antaranya:

Baca Juga: Inilah Perbedaan Physical, Chemical dan Hybrid Sunscreen, Sudah Tahu?

1. Makan gula berlebihan

Sebuah studi di tahun 2013 telah mengaitkan hubungan antara gula darah dengan penuaan. Dalam studi tersebut, peserta penelitian yang memiliki kadar gula darah lebih tinggi memiliki penampilan yang tampak lebih tua dari seharusnya.

Meski penampilan yang terlihat lebih tua bukanlah satu-satunya alasan bagi Anda untuk menghindari gula, namun penampilan yang demikian adalah salah satu efek mutlak yang bisa dihasilkan dari zat manis plus adiktif ini.

2. Menggunakan skincare yang mengandung alkohol

Tentu Anda tidak asing dengan kandungan alkohol yang terdapat dalam produk kosmetik termasuk skincare, bukan? Umumnya, alkohol dalam skincare digunakan untuk membantu mencampurkan bahan-bahan yang ada, bekerja sebagai pengawet, dan mengecilkan pori-pori kulit untuk sementara.

Meskipun begitu, beberapa alkohol yang digunakan dalam produk skincare memiliki sifat yang mengeringkan, mengiritasi, dan bisa merusak kulit. Bahkan, jenis alkohol yang hampir tidak berbahaya tetap tidak memberikan manfaat apapun bagi kulit Anda. Dibandingkan menggunakan skincare ber-alkohol, alangkah baiknya bagi Anda untuk memilih perawatan berbasis bahan natural seperti sari lidah buaya untuk melembabkan sekaligus menenangkan kulit Anda.

3. Kecanduan produk mengandung benzoyl peroxide

Kulit akan terbiasa dengan produk apa yang Anda gunakan. Jika Anda memberikannya makanan yang tidak baik, itu akan menyebabkan masalah bagi kulit Anda.

Salah satu bahan umum dalam produk skincare yang bisa membuat kulit kecanduan adalah benzoyl peroxide atau benzoil peroksida. Biasa diresepkan untuk mengatasi jerawat, benzoyl peroxide dapat membersihkan kulit dengan cara membunuh bakteri dan mengurangi produksi minyak. Dalam penggunaan jangka panjang, benzoyl peroxide akan sangat mengeringkan bagi sebagian besar jenis kulit sama halnya dengan produk pemutih.

Daripada harus bergantung dengan benzoyl peroxide, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mulai melakukan perawatan alami sebagai solusi terbaik permasalahan kulit Anda.

4. Tidur semalaman dengan makeup masih menempel

Selelah apapun Anda, memutuskan tidur tanpa membersihkan makeup terlebih dahulu bukanlah hal yang baik untuk kulit Anda. Bagaimana pun, kulit akan merasa bahagia ketika dibiarkan telanjang tanpa dipenuhi produk yang mengandung bahan-bahan kimia.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak lupa melakukan double cleansing setelah menggunakan makeup guna menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Selain membersihkan wajah, Anda juga harus rajin mencuci sarung bantal Anda untuk menjaganya tetap bersih dan mencegah munculnya berbagai permasalahan kulit akibat penumpukan kotoran.

5. Hobi makan makanan cepat saji

Makanan yang utuh dan segar adalah sesuatu yang tingkat kesehatannya tidak perlu diperdebatkan lagi. Meski sulit bagi sebagian orang untuk menyiapkan makanan dari awal dan tetap menghindari hidangan beku atau kemasan, namun menyiapkan makanan segar tetap harus diprioritaskan jika Anda menginginkan tubuh dan kulit yang senantiasa sehat.

Alih-alih makan junk food seperti burger atau frozen food seperti nugget, cobalah untuk makan salad atau smoothie setiap hari guna menambah asupan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sebisa mungkin, hidangkan makanan sehat yang berwarna-warni. Selain sedap untuk dipandang, makanan warna-warni juga akan memberikan manfaat yang berbeda dan saling melengkapi.

6. Malas eksfoliasi

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan Anda akan eksfoliasi kulit yang teratur secara otomatis meningkat. Dengan malas melakukan eksfoliasi, maka produk skincare yang biasa Anda gunakan seperti serum anti-aging tidak akan terserap dengan baik ke dalam kulit. Akibatnya, Anda tidak dapat merasakan manfaat yang maksimal dari berbagai jenis produk skincare yang digunakan.

Kendati disarankan untuk rajin eksfoliasi, namun Anda tidak diperkenankan untuk melakukannya terlalu sering atau berlebihan karena dapat merusak kulit Anda. Sebaiknya, lakukanlah eksfoliasi sebanyak 2-3 kali saja dalam seminggu.

Selanjutnya: 5 Cara untuk Mengembangkan Kontrol Diri yang Baik pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News