HOME, Bugar

Kacang Almond, Camilan Sehat yang Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kacang Almond, Camilan Sehat yang Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

MOMSMONEY.ID - Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang pohon yang mengandung banyak nutrisi dan rendah karbohidrat. Kacang almond bisa dipanggang, dijadikan taburan kue kering, atau diolah menjadi susu almond. 

Almond juga dikenal memiliki cita rasa yang gurih, bertekstur renyah, dan tentunya lezat. Tak jarang makanan ini dijadikan taburan, campuran, atau menjadi kudapan.  

Kacang almond juga mengandung sejumlah mineral, seperti mangan, magnesium, tembaga, fosfor, kalium, zinc, kalsium, zat besi, hingga selenium.

Kalori kacang almond tergolong tinggi, sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Namun, kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah. 

Melihat kandungan nutrisi yang beragam dalam kacang almond, berikut beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh.  

Baca Juga: Obat Alami untuk Menyembuhkan Ambeien yang Sangat Menggangguu

1. Menurunkan kadar kolesterol

Makanan yang Anda konsumsi sangat mempunyai efek terhadap kadar LDL, satu faktor risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah almond.

Beberapa studi telah menunjukkan almond secara efektif dapat menurunkan kolesterol jahat ini. 

Selain itu, konsumsi almond juga berperan dalam menjaga kadar kolesterol baik atau HDL. 

2. Tinggi vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer, kanker, dan penyakit jantung. 

3. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan magnesium yang tinggi dalam kacang almond diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kacang almond tampak mengalami penurunan tekanan darah. 

4. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin E pada almond baik untuk kesehatan kulit Anda. Kulit akan tampak  lebih cerah karena antioksidan bekerja melawan radikal bebas. 

Kandungan protein dan vitamin pada almond juga membantu menjaga kadar air pada kulit, sehingga tampak lembap dan lembut. 

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan magnesium yang terdapat dalam kacang almond dapat membantu Anda terhindar dari tekanan darah tinggi yang menjadi asal muasal dari gagal ginjal, stroke, dan penyakit jantung. 

Baca Juga: Kandungan Cuka Apel Ampuh Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Itulah 5 manfaat kacang almond untuk kesehatan. Meskipun punya banyak nutrisi, jangan sampai lupa makanan lain, ya. Konsumsilah almond sebagai tambahan atau variasi makanan utama Anda, lakukan olahraga rutin, serta istirahat cukup. 

Selanjutnya: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News