Santai

Kabel Charger iPhone Sering Rusak? Ini 5 Penyebab dan Cara Supaya Awet

Kabel Charger iPhone Sering Rusak? Ini 5 Penyebab dan Cara Supaya Awet

MOMSMONEY.ID - Membeli iPhone merupakan euforia bagi banyak pemilik gadget. Namun dalam banyak kasus, sensasi awal itu menguap dalam waktu singkat karena kabel charger iPhone rusak berulang kali. 

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa kebiasaan yang Anda abaikan secara langsung menyebabkan kabel charger iPhone rusak terus. 

Apa saja penyebab kabel charger iPhone rusak terus, dan bagaimana cara agar kabel charger iPhone awet, simak ulasan berikut dilansir dari Make use of!

1. Ketegangan pada kabel lightning

Tidak seperti kebanyakan kabel USB Android, kabel Lightning iPhone rapuh. Karena kelemahannya, menerapkan terlalu banyak tekanan atau penanganan yang kasar pada kabel pengisi daya Anda dapat menyebabkan kabel internal putus.

Sayangnya, kabel internal yang retak merusak kabel Lightning Anda. Anda mungkin berpikir Anda tidak menangani kabel pengisi daya dengan kasar.

Namun, kebiasaan kecil (seperti menggunakan ponsel saat mengisi daya) dapat menyebabkan pembengkokan yang tidak semestinya pada konektor.

Baca Juga: Cara Menghapus Bot dari Grup Telegram, Ikuti Tips Ini untuk Menghentikan

Selain itu, Anda mungkin bersalah karena menarik kabel pengisi daya dari kabel saat mencabutnya. Meskipun tindakan ini mungkin tidak memiliki konsekuensi langsung, tindakan tersebut merusak kabel internal.

Akhirnya, kabel akan menyerah pada regangan yang terakumulasi dan menyerah.

2. Kerusakan akibat paparan cairan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa elektronik dan cairan tidak bercampur; aturan ini juga berlaku untuk kabel Lightning Anda.

Meskipun mengisi daya ponsel sambil makan atau minum mungkin tampak menggoda, hal itu membuat kabel pengisi daya Anda rentan terhadap kerusakan akibat cairan.

Baca Juga: Kenapa Chat Telegram Hilang Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengembalikan Pesan

Kabel pengisi daya selalu diisolasi, tetapi tumpahan yang terus-menerus dapat merusak penutup luarnya yang menyebabkan korosi dan merusak kabel internal.

Selain itu, jika kabel Lightning Anda terkena tumpahan, konektor berisiko berkarat dan merusak port Lightning.

3. Adaptor USB buruk

Biasanya, masalah pengisi daya muncul dari kabel, bukan dari adaptor. Namun, adaptor terkadang dapat mengembangkan masalah yang dapat berdampak negatif pada kabel Lightning Anda.

Saat memilih adaptor untuk iPhone, perhatikan bahwa menggunakan adaptor yang salah dengan iPhone Anda dapat menghasilkan panas.

Jika adaptor terlalu panas atau memiliki masalah kontak, pada gilirannya dapat merusak kabel pengisi daya.

4. Kabel berkualitas buruk 

Kualitas rendah, desain murah adalah alasan kuat lainnya mengapa sebagian besar kabel pengisi daya iPhone rusak.

Untuk daya tahan, belilah kabel Lightning yang bersertifikasi Apple MFi. Ya, kabel ini tidak murah, tetapi memilih kabel Lightning kelas rendah pasti akan merugikan Anda dalam jangka panjang.

Salah satu spesifikasi tersebut adalah konektor yang diperkuat. Konektor tanpa penguat berhenti bekerja lebih cepat karena lebih mudah bengkok dan tegang.

Selain itu, kabel Lightning tidak akan bertahan lama jika bahan luarnya tidak kokoh; kabel bagian dalam akan lebih mudah terekspos.

Baca Juga: Cara Deactive Instagram, Lengkap Beserta Cara Mengembalikan Akun

5. Penuaan

Tidak ada yang bertahan selamanya, dan ini termasuk kabel Lightning. Seiring bertambahnya usia, bahan yang digunakan dalam produksinya akan mengalami degradasi dan kehilangan potensinya.

Dengan kata lain, konektor Anda mungkin menjadi kotor, berkarat, atau lecet seiring waktu, membuatnya longgar di porta.

Selain itu, lapisan luar dapat melemah, dan kabel bagian dalam akan lebih mudah mengalami tegangan dan ketegangan.

Tentu saja, kualitas material akan dipertahankan untuk beberapa waktu, tetapi pada akhirnya kabel Lightning Anda akan menjadi kurang efisien.

Cara agar Kabel Charger iPhone Awet

1. Hindari menggulung kabel lightning dengan ketat

Melipat kabel pengisi daya iPhone menjadi gulungan yang rapat berguna saat Anda perlu menekannya ke sudut.

Namun, kekencangan ini memberikan tekanan pada kabel Lighting, yang berarti dapat menyebabkan ketegangan pada kabel internalnya.

Alih-alih, lipat kabel pengisi daya dalam lingkaran longgar jika perlu, atau lebih baik lagi, biarkan menggantung dalam posisi lurus dan netral.

Dengan cara ini, akan ada sedikit tekukan dan keretakan di bagian dalam.

2. Pelan-pelan dan dengan lembut saat mengisi atau mencabut iPhone

Mencabut telepon secara kasar dengan mencabut kabel pengisi daya sambil memegang kabel adalah cara umum lainnya yang dapat menyebabkan ketegangan.

Baca Juga: Ingin Baterai Health iPhone Bisa Naik? Ikuti Tips dan Cara Berikut Ini

Sebagai alternatif, cabut iPhone dengan hati-hati dengan memegang konektor dan pisahkan dengan hati-hati dari port Lightning.

Ini juga berlaku saat melepas ujung USB kabel pengisi daya dari adaptor.

3. Beli pelindung kabel

Ada banyak sekali kabel pengisi daya iPhone saat ini, mulai dari kabel bersertifikasi MFi dan dikepang hingga kabel generik yang murah.

Berapapun harga yang terpasang, belilah kabel Lightning terbaik yang memenuhi persyaratan standar dan memiliki cap MFi.

Seperti disebutkan sebelumnya, kabel pengisi daya dengan konektor yang diperkuat akan memberi Anda nilai lebih dan daya tahan.

Selain itu, carilah spesifikasi seperti kekuatan penutup luar, penguat kabel internal, uji tekukan, dan persyaratan pribadi lainnya.

4. Lindungi ujung kabel 

Tidak ada yang mengalahkan penguatan konektor bermutu tinggi pada kabel berkualitas. Namun, jika Anda sudah memiliki kabel tanpa penguat, Anda dapat menopang ujungnya dengan DIY dan tanpa biaya.

Untuk melakukan ini, lepaskan dua pegas dari bolpoin mana saja, lalu lilitkan dengan lembut di kedua ujung kabel Lightning. Pegas melindunginya dari tekukan dan keretakan selanjutnya di persimpangan.

Pegas adalah cara terbaik untuk memperbaiki ujung kabel Lightning meskipun sudah menunjukkan tanda-tanda aus.

Secara opsional, Anda dapat memilih untuk membeli pelindung kabel komersial atau paracord.

5. Simpan kabel di dalam kotak

Casing pelindung bukan hanya untuk ponsel Anda. Untuk keamanan optimal, simpan semua aksesori iPhone Anda (termasuk kabel) di dalam wadah saat tidak digunakan.

Membeli casing untuk kabel pengisi daya terdengar seperti pengeluaran yang tidak perlu.

Terlepas dari itu, ini menjaga kabel Lightning dari belokan dan belokan yang mungkin terjadi saat dibiarkan tergeletak di sekitar.

Selain itu, casing pelindung melindunginya dari cairan dan kondisi berbahaya.

Nah itulah penyebab kenapa kabel charger iPhone rusak terus. Anda bisa mengatasinya dengan tips dan cara membuat kabel charger iPhone lebih awet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News