kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar Baik, Pemerintah Gelontorkan Bansos Pangan Selama 3 Bulan Jelang Ramadhan 2023


Senin, 06 Maret 2023 / 05:24 WIB
Kabar Baik, Pemerintah Gelontorkan Bansos Pangan Selama 3 Bulan Jelang Ramadhan 2023
ILUSTRASI. Menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023, Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR. Menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023, Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa komoditas pangan seperti beras, telur, dan ayam. Bansos akan disalurkan selama tiga bulan, yakni pada Maret, April, dan Mei 2023. 

Melansir Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bansos ini diberikan untuk menekan inflasi pangan jelang Ramadhan dan Idul Fitri. 

"Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan beras selama 3 bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam," ujar Airlangga saat menghadiri Kick Off GNPIP di Makassar secara virtual, Minggu (5/3/2023). 

Dia menjelaskan, saat ini regulasinya sedang disusun oleh pemerintah termasuk penentuan kelompok masyarakat mana saja yang akan menerima bansos. 

Rencananya, bansos pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). 

Baca Juga: Jaga Pasokan Jelang Ramadan, Badan Pangan Petakan Pendistribusian MinyaKita

"Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kita bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat," jelasnya. 

Tidak hanya itu, pemerintah juga akan terus memantau harga komoditas-komoditas pangan yang utama seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras. 

Pemerintah antisipasi lonjakan harga tiket transportasi 

Sementara itu, pemerintah juga mengantisipasi lonjakan harga tiket transportasi udara mengingat di periode Ramadan dan Idul Fitri akan ada fenomena mudik Lebaran dimana sekitar 80 juta penduduk akan pulang kampung. 

"Untuk memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri, peningkatan harga pangan dan tarif menjadi tantangan dan kami berharap langkah antisipatif bisa dilakukan," tuturnya.

Baca Juga: Menolak Bayar Pajak Bisa Kena Sanksi Administrasi Hingga Pidana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Ramadhan-Idul Fitri 2023, Pemerintah Beri Bansos Pangan Selama 3 Bulan"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Aprillia Ika
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×