Santai

Kabar Baik! Kesenjangan Gender di Indonesia Mengalami Perbaikan

Kabar Baik! Kesenjangan Gender di Indonesia Mengalami Perbaikan

MOMSMONEY.ID - Isu kesenjangan antara laki-laki dan perempaun masih terus menjadi pembahasan. Apakah Moms juga termasuk yang fokus pada isu ini?

Kabar baiknya, kesenjangan upah antara laki-laki dan perempuan di Indonesia mengalami perbaikan. World Economic Forum (WEF) merilis data pada Juli 2022 tingkat kesenjangan laki-laki dan perempuan di Indonesia berada di peringkat 92 dari 146 negara. Data ini menunjukan peringkat Indonesia naik dari 101 di tahun lalu. 

Baca Juga: KADIN Indonesia Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan di Era Transformasi Digital

Perbaikan ini didukung oleh peningkatan pada aspek kesempatan kerja dan partisipasi perempuan di sektor ekonomi, kesempatan di bidang pendidikan, kesehatan serta partisipasi politik. Meski tidak dapat dipungkiri sebanyak 2,3% perempuan Indonesia tercatat meninggalkan pekerjaannya atau setara 1,3 juta perempuan. 

Baca Juga: Rasio Gini Indonesia Naik, Kesenjangan Meningkat

Data WEF menunjukan, perempuan dan laki-laki di Indonesia telah setara dalam hal bekerja pada tingkat profesional dan teknikal. Bahkan berada diperingkat pertama. Sementara itu peringkat dalam hal kesamaan upah di bidang kerja yang serupa berada di peringkat 23 global. Tingkat partisipasi perempuan di tingkat manajerial, legislatif dan jabatan senior meningkat dari 29,7% menjadi 32,4%.

Indonesia juga sudah setara antara lak-laki dan perempuan dalam hal kesempatan mengenyam pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pada aspek ini, Indonesia mendidiki peringkat pertama global. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News