Bugar

Jogging Setiap Hari, Ini Sederet Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Jogging Setiap Hari, Ini Sederet Manfaat Jogging untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari.

Jogging merupakan satu di antara olahraga aerobik. jogging merupakan kombinasi antara jalan santai dan lari dengan kecepatan di bawah 14 km/jam. 

Dan, jogging adalah satu di antara pilihan olahraga yang mudah dan murah. Anda tak perlu mengeluarkan biasa terlalu mahal, seperti ke gym atau ikut kelas yoga. 

Manfaat jogging bagi tubuh yang bisa Anda rasakan, baik secara fisik maupun mental jika dilakukan secara rutin. 

Dirangkum dari Everyday Health dan Healthline, inilah sederet manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari, antara lain: 

Baca Juga: Apa Itu Obesitas Morbid dan Jenis Kegemukan Lainnya

1. Memperkuat sistem imunitas

Manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari yang pertama adalah memperkuat sistem imunitas dan daya tahan tubuh lebih terjaga. 

Jogging memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Hal ini berlaku untuk penyakit jangka pendek seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang seperti diabetes.  

Selain itu, aktivitas ini merangsang produksi limfosit dan makrofag yang melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri maupun virus, dilansir dari Healty Life Style.

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari yang kedua adalah meningkatkan kekuatan tulang. 

Jogging bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Dengan melakukan jogging juga mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan dengan memperkuat tulang dan mencegah cedera. 

Ketebalan tulang akan bertambah dan mencegah masalah, seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain.  

3. Baik untuk jantung

Manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. 

Olahraga jogging ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah masalah atau penyakit jantung. 

Jogging membantu menjaga tekanan darah, serta mengendalikan kadar kolesterol dan glukosa darah. 

4. Menurunkan resistensi insulin

Manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari berikutnya adalah bisa menurunkan resistensi insulin. 

Resistensi insulin merupakan satu di antara penanda tahap awal diabetes. Sel dalam tubuh tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengendalikan kadar gula darah. 

Dikutip dari Healthline, penelitian menemukan, jogging secara teratur menurunkan resistensi insulin pada peserta penelitian. 

Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh dan peradangan mungkin menjadi penyebab peningkatan resistensi insulin. 

Baca Juga: Ketahui Sederet Tips Pola Hidup Sehat untuk Penderita HIV AIDS

5. Bantu lindungi anda dari efek negatif stres

Manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari yang terakhir adalah membantu melindungi dari efek negatif stres. 

Studi menemukan, latihan aerobik seperti jogging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres.  

Selain itu, saat jogging, tubuh juga melepaskan hormon endorfin yang membantu meningkatkan semangat dan menciptakan perasaan positif terhadap diri sendiri.

Jadi, Anda bisa merasa tenang dan segar setelah melakukan aktivitas ini. Jogging dapat melindungi otak dari efek stres yang berbahaya.

Dengan mengetahui berbagai manfaat kesehatan di atas, mulailah jogging setiap hari. Namun, jangan sampai berlebihan karena segala yang berlebihan dapat berakibat fatal.

Saat jogging, disarankan untuk istirahat sejenak setiap lima belas menit bila Anda pemula. Selain itu, kenali kemampuan tubuh dalam melakukan jogging.  

Itulah sederet manfaat jogging untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan jika dilakukan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News