HOME, Keluarga

Jika Kulit Anda Sensitif, Hindarilah 4 Bahan Kimia Berbahaya Ini Sekarang Juga

Jika Kulit Anda Sensitif, Hindarilah 4 Bahan Kimia Berbahaya Ini Sekarang Juga

MOMSMONEY.ID - Menjaga kulit sensitif tetap bahagia dan sehat adalah tugas yang cukup berat. Pasalnya, metode perawatan atau penggunaan produk yang tidak tepat dapat membuat kulit sensitif mengamuk. Akibatnya, kemerahan, gatal-gatal, mengelupas, hingga sensasi terbakar dapat dengan mudah dialami oleh para pemilik kulit sensitif yang abai terhadap perawatan kulit yang dilakukannya.

Jika kulit Anda sensitif, yuk hindari 4 bahan kimia berbahaya ini dalam setiap produk kecantikan dan pakaian yang Anda gunakan.

1. Oxybenzone

Oxybenzone adalah bahan kimia yang sering ditemukan dalam produk sunscreen. Bahan kimia yang satu ini memiliki efek samping yang cukup mengerikan yakni bisa mengganggu keseimbangan hormon pada wanita. Dilihat dari sisi negatifnya tersebut, produk yang mengandung oxybenzone patut untuk dihindari oleh siapa pun termasuk pemilik kulit sensitif.

Baca Juga: Ini Dia 7 Jenis Olahraga Yoga yang Paling Banyak DIminati

Sebagai gantinya, pilihlah sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide. Tidak hanya aman, suncsreen yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide juga efektif untuk menghalangi sinar UV dengan sensasi yang jauh lebih lembut bagi kulit.

2. Paraben

Orang-orang dengan kulit sensitif sangat disarankan untuk menghindari produk-produk kecantikan yang mengandung paraben. Pasalnya, paraben dapat menyebabkan iritasi berlebihan pada kulit yang sensitif.

Jadi, apabila kulit Anda bertipe sensitif, pilihlah produk skincare atau makeup yang memiliki label paraben free atau bebas paraben. Anda juga harus teliti dan berhati-hati dalam memilih suatu produk kosmetik mengingat produk ber-paraben jumlahnya sangat banyak dan mudah ditemukan di mana-mana.

3. Sulfat

Sulfat berisiko mengganggu keseimbangan minyak alami kulit. Bahan kimia ini dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi sangat kering dan teriritasi.

Dikarenakan tidak menguntungkan bagi kulit sensitif, selalu ingat untuk menggunakan produk bebas sulfat yang akan melakukan tugasnya dengan baik tanpa mengganggu keseimbangan alami kulit Anda.

4. Pewarna

Kebanyakan pakaian mengandung pewarna Paraphenylenediamine (PPD) yang merupakan iritan dan alergen bagi kulit sensitif Anda.

Untuk mencegah kulit Anda memberontak akibat paparan bahan tersebut, pastikan untuk mencuci semua pakaian baru Anda sebelum memakainya guna meminimalkan PPD yang akan menempel pada kulit Anda.

Itulah 4 bahan kimia yang wajib dihindari oleh para pemilik kulit sensitif. Selain keempat bahan di atas, pastikan Anda juga menghindari produk-produk yang mengandung alkohol dan pewangi ya. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News