HOME, Bugar

Jika Anda Sedang Sakit Maag, Segera Hindari 5 Makanan Ini

Jika Anda Sedang Sakit Maag, Segera Hindari 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Maag adalah sekumpulan gejala yang terkait dengan gangguan sistem pencernaan, seperti perut mual, kembung, dan nyeri ulu hati, dikutip dari Wikipedia. 

Penyebab sakit maag adalah masalah pada produksi asam lambung yang dapat didasari oleh penyakit pencernaan tertentu, misalnya infeksi lambung, gastritis, IBS, tukak lambung, dan GERD.

Namun, terlepas dari apa penyakit yang mendasarinya, kemunculan gejala maag juga bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya salah mengonsumi makanan yang tidak tepat.

Baca Juga: Tidak Cuma untuk Mata, Ini Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Dilansir dari Everyday Health, ketika gejala sakit maag kambuh, penderita maag bisa merasakan beberapa gejala berikut ini: 

1. Mual

2. Muntah

3. Sakit perut, khususnya di bagian perut atas atau nyeri ulu hati

4. Kembung dan sering kentut

5. Perut terasa perih

6. Hilang nafsu mak

Selain Anda sudah mengetahui gejala sakit maag, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit maag seperti dilansir dari Mayo Clincic, berikut ini: 

Makanan pedas

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit maag pertama adalah makanan pedas. Umumnya, rasa pedas dari suatu makanan berasal dari cabai.

Cabai mengandung zat capsaicin, yaitu ekstrak alkaloid yang memberikan rasa pedas pada cabai. Selain memberikan rasa pedas, capsaicin juga bisa memperlambat kerja sistem pencernaan.

Bila hal ini terjadi pada orang yang sakit maag, tentu gejalanya akan lebih buruk mengingat proses pencernaannya memakan waktu lebih lama. 

Cokelat

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit maag kedua adalah cokelat. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, cokelat menjadi makanan yang bisa memicu gejala maag akibat GERD.

Ini karena cokelat termasuk dalam kelompok makanan tinggi lemak yang menyebabkan otot di sekitar kerongkongan mengendur sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Makanan penyebab munculnya gejala maag ini juga mengandung methylxanthine, yang merupakan zat alami yang melemaskan otot jantung dan otot di kerongkongan. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Diwaspadai

Buah yang mengandung asam

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit maag ketiga adalah buah yang asam. Buah dan sayur-sayuran merupakan asupan penting untuk menjaga pola makan seimbang.

Namun, beberapa jenis buah bercitarasa masam dapat meningkatkan asam lambung. Batasi konsumsi beberapa jenis buah seperti tomat, jeruk, jeruk bali, lemon, jeruk nipis, nanas.

Kafein

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit maag selanjutnya adalah kafein. Asupan berkafein seperti kopi, teh, dan soda merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung di perut.

Beberapa orang dengan masalah GERD dan maag kerap mengeluhkan asam lambungnya naik setelah menenggak minuman berkafein di atas. 

Makanan yang mengandung banyak gas

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit maag kelima adalah makanan mengandung banyak gas. Sayur memang menyehatkan, tapi Anda harus berhati-hati jika memiliki maag.

Pasalnya, sayur yang mengandung banyak gas, seperti kol, brokoli, atau kacang-kacangan mengandung banyak gas.Semakin banyak gas, membuat perut Anda jadi kembung dan mual.

Agar gejala maag tidak kambuh, Anda disarankan untuk makan secara teratur dan menjauhi beberapa jenis minuman dan makanan penyebab maag. 

Jika masih sering mengalami gejala sakit tersebut, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter agar kondisi yang Anda alami bisa ditangani dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News