HOME, Keluarga

Jika Ada Tanda-Tanda Ini, Bisa Jadi Moms Hamil Anak Kembar

Jika Ada Tanda-Tanda Ini, Bisa Jadi Moms Hamil Anak Kembar

MOMSMONEY.ID - Hamil anak kembar bagi sebagian pasangan barangkali menjadi suatu hal yang begitu diharapkan.

Selain secara alami, hamil kembar juga bisa diwujudkan melalui berbagai program yang tentunya sesuai dengan saran kesehatan.

Untuk para pasangan yang sedang menanti-nanti kelahiran anak kembar, ada beberapa tanda yang bisa dicermati guna mengetahui apakah buah hati yang ada di dalam kandungan benar kembar atau justru tunggal.

Melansir American Pregnancy Association dan Healthline, inilah tanda-tanda kehamilan kembar yang mungkin terjadi pada ibu hamil:

1. Ada peningkatan hCG

Wanita hamil yang mengalami peningkatan kadar hCG bisa saja terindikasi mengandung anak kembar. hCG (human Chorionic Gonadotropin) sendiri merupakan hormon yang diproduksi selama kehamilan.

Baca Juga: Perubahan Tubuh yang Terjadi Saat Hamil Muda

Meskipun begitu, kadar hCG yang meningkat tidak secara mutlak menunjukkan adanya multiple pregnancy (kehamilan dengan 2 atau lebih janin).

Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari kadar hCG yang tinggi pada ibu hamil.

2. Ukuran perut lebih besar

Seorang wanita yang sedang mengandung anak kembar memiliki ukuran perut yang lebih besar dibandingkan perut wanita yang hamil tunggal.

Ketika hamil kembar, ibu hamil akan sering mengalami peningkatan peregangan rahim.

Tinggi fundus (jarak puncak tulang panggul menuju bagian paling atas perut ibu hamil) pada wanita yang hamil kembar juga kemungkinan lebih besar ukurannya dari usia kehamilan itu sendiri.

3. Peningkatan berat badan

Kenaikan berat badan pada ibu hamil bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Sebagian besar peningkatan berat badan pada ibu hamil terjadi akibat pola makan yang berubah.

Rata-rata ibu hamil yang mengandung anak kembar akan mengalami pertambahan berat badan sekitar 10 pon lebih banyak daripada ibu yang hamil tunggal.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Kafein?

4. Adanya detak jantung kedua

Detak jantung bayi dalam kandungan ibu hamil kembar diduga dapat didengar sedari usia kehamilan memasuki 8-10 minggu. Detak jantung tersebut dapat didengar menggunakan alat doppler janin.

Untuk memastikan adanya detak jantung kedua ini, perlu dilakukan pemeriksaan kandungan lebih lanjut dengan menggunakan teknologi ultrasound.

5. Morning sickness

Terdapat laporan yang menunjukkan bahwa beberapa ibu hamil yang mengandung anak kembar mengalami peningkatan frekuensi dan durasi morning sickness berupa mual dan muntah pada pagi hari.

Mual dan muntah yang berlangsung di atas minggu ke-14 kehamilan dapat menjadi indikasi multiple pregnancy.

Walaupun demikian, mual dan muntah yang parah atau berkepanjangan juga bisa menjadi tanda terjadinya Hiperemesis Gravidarum atau kondisi morning sickness yang tergolong ekstrem pada ibu hamil.

6. Kelelahan yang berlebihan

Meskipun kelelahan pada ibu hamil dapat disebabkan oleh pekerjaan dan pikiran yang stres, namun kelelahan juga bisa terjadi akibat kehamilan kembar.

Dikarenakan ibu hamil kembar harus memberikan nutrisi kepada lebih dari satu bayi, maka besar kemungkinan mereka akan mudah untuk merasa lelah yang luar biasa.

Moms, itulah beberapa tanda hamil kembar yang mungkin saja terjadi pada Moms yang sedang hamil.

Mengutip dari Ciputra Hospital, hamil kembar dapat terjadi karena beberapa faktor meliputi usia ibu hamil telah menginjak 30 tahun ke atas, adanya riwayat keluarga kembar, atau dilakukannya perawatan kesuburan Fertilisasi in Vitro (IVF) yang bertujuan untuk menciptakan kelahiran kembar.

Selanjutnya: Sumber Protein untuk Ibu Hamil, Konsumsi 4 Seafood Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News