HOME, Keluarga

Jenis Makanan untuk Hewan Sugar Glider dan Cara Memberinya

Jenis Makanan untuk Hewan Sugar Glider dan Cara Memberinya

MOMSMONEY.ID - Saat Anda telah memutuskan untuk merawat sugar glider, pertanyaannya selanjutnya, makanan apa yang cocok untuk hewan ini? Anda tak perlu khawatir karena sugar glider adalah hewan omnivora. Artinya, sugar glider dapat memakan segalanya.

Segalanya dalam hal ini, sugar glider dapat memakan buah, sayuran, dan serangga. Jenis makanan ini merupakan jenis yang khas di kehidupan liar mereka. Akan tetapi, Anda perlu memberi makan sugar glider dengan memperhatikan nutrisi yang tepat.

Baca Juga: Tak Hanya Manusia, Menjaga Kesehatan Hewan Saat Pandemi Juga Penting

Jenis makanan yang tepat

Sugar glider dapat meniru diet alami untuk mendapatkan nutrisi mereka. Dilansir dari pets.webmd.com, sugar glider dapat mengonsumsi campuran leadbeater, yakni terbuat dari daging, telur, madu, dan suplemen. Sugar glider juga membutuhkan nutrisi tambahan dari pelet yang dijual di toko peliharaan.

Sebenarnya, sugar glider tidak banyak membutuhkan asupan buah, sayuran, dan kacang pohon. Makanan yang tinggi kalsium dan oksalat dapat menyebabkan batu kemih pada hewan kecil seperti sugar glider.

Maka, sayuran yang tepat adalah yang mengandung rendah kalsium dan rendah oksalat seperti arugula, selada, adas sowa, atau radicchio. Buah yang bisa diberikan berupa apel, pir, mangga, pisang, melon, dan anggur. Sementara itu, serangga hidup yang bisa dimakan adalah ulat, jangkrik, dan cacing tanah. Serangga ini diberikan sebagai cemilan, bukan sebagai makanan utama ya, Moms.

Berapa banyak porsi makanan

Sugar glider membutuhkan sekitar 15-20% porsi makanan dari beratnya setiap hari. Ini sekitar satu ukuran es batu leadbeater, satu sendok teh pelet nutrisi, dan 2-3 sendok teh buah-buahan segar, sayuran, dan kacang-kacangan. Sesekali Anda juga bisa memberinya biji jagung sebagai cemilan.

Baca Juga: Perasaan dan Kesehatan Anjing Dilihat dari Posisi dan Kebiasaan Tidurnya

Air minum

Pemberian air minum yang tepat untuk sugar glider adalah menggunakan air matang yang bersih. Anda dapat menyediakan botol khusus untuk disediakan di kandang sugar glider agar mereka dapat minum sewaktu-waktu mereka haus.

Waktu pemberian makanan

Sebagai hewan nokturnal, sugar glider lebih aktif di malam hari. Para ahli merekomendasikan memberi makan sugar glider pada malam hari. Ini membantu sugar glider mempertahankan ritme alaminya dan merasa lebih betah.

Ada kalanya sugar glider kehilangan nafsu makan. Ini mungkin merupakan tanda-tanda penyakit. Jika mereka menjadi lemah, lamban, dan benar-benar berhenti makan, sebaiknya Anda segera menemui dokter hewan untuk memeriksakannya. 

Selanjutnya: Anjing Suka Menyembunyikan dan Mengubur Barang, Apa Alasannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News