HOME, Keluarga

Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang Peliharaan Anda

Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang Peliharaan Anda

MOMSMONEY.ID - Ikan cupang memerlukan makanan bergizi agar kesehatannya terjaga. Selain sehat, pilihan makanan yang tepat juga akan menjaga warna ikan cupang peliharaan tetap cantik dan sehat.

Ada banyak pilihan makanan khusus ikan cupang yang bisa dibeli di toko ikan hias, tetapi tak semuanya memiliki kualitas yang baik untuk ikan cupang.

Ikan cupang secara alami adalah karnivora dan membutuhkan banyak protein. Ikan cupang juga tidak bisa hidup dengan makanan nabati dan mereka tidak memakan akar tanaman seperti kebanyakan orang bilang. Di alam bebas, ikan cupang biasanya memakan serangga.

Baca Juga: Jenis Ikan Cupang Terlangka yang Banyak Dicari Kolektor

Dilansir dari Bettafish.org, pemberian nilai gizi terbaik berfokus pada kebutuhan ikan cupang akan protein, lemak, serat, forfor, karbohidrat, kalsium, dan vitamin (A, D3, E, K, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B12, C, H, M).

Selain itu, serat dan kelembapan juga penting untuk sistem pencernaan mereka. Nah, berikut ini adalah macam-macam makanan terbaik untuk ikan cupang:

Pelet Ikan Cupang

Pelet adalah makanan paling umum di pasaran. Kualitasnya bervariasi bergantung bahan dasar dan nilai gizinya. Namun, ada hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelet ikan.

Pelet cenderung menyerap air dan akan mengembang. Jika ikan tidak menghabiskannya, pelet akan tenggelam ke dasar akuarium dan dapat mengotori air.

Meski ikan memakannya, ini dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan. Pastikan untuk memberi makan secukupnya dan membuang sisa makanan segera setelah ikan cupang telah selesai makan.

Makanan Kering Beku

Makanan kering beku sangat bagus sebagai makanan alami ikan cupang. Namun, itu tak dapat menggantikan kualitas makanan hidup. Sebab, kelembapan makanan kering sudah dihilangkan.

Anda dianjurkan untuk merendamnya dalam wadah air sebelum akhirnya diberikan ke cupang untuk rehidrasi mereka.

Keuntungan memberikan makanan kering adalah bebas dari bakteri dan parasit. Makanan ini juga mudah ditemukan di toko-toko ikan hias. Akan tetapi, memberi makanan kering saja ke ikan cupang dapat menyebabkan masalah kembung dan sembelit.

Anda dapat menjadikan makanan ini sebagai selingan. Makanan kering beku ini dapat berupa jentik nyamuk, cacing darah, dan udang air asin.

Baca Juga: Tanda-Tanda Ikan Cupang akan Mati dan Cara Mengatasinya

Makanan Hidup

Memberikan makanan hidup dapat menjadikan ikan cupang sehat. Makanan hidup yang populer adalah udang air asin, jentik nyamuk, dan cacing darah.

Namun, Anda tak bisa menjamin bahwa makanan hidup dapat terbebas dari bakteri dan parasit meskipun makanan ini sehat untuk ikan.

Jika menurut Anda makanan hidup adalah yang terbaik, Anda dapat mengurangi risiko tercemarnya makanan hidup dengan membudidayakannya sendiri. Udang air asin atau lalat buah tanpa sayap dapat dibudidaya sendiri.

Suplemen

Demi meningkatkan nutrisi ikan, Anda dapat menambahkan suplemen tertentu. Salah satu suplemen ikan yang populer adalah yang berbentuk cairan.

Cara menggunakannya adalah merendam makanan kering beku dengan cairan tersebut agar meresap. Barulah makanan tersebut diberikan kepada ikan cupang.

Selanjutnya: Cara Merawat Ikan Cupang Agar Panjang Umur dan Tetap Indah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News