HOME, Keluarga

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Racun dalam Ruangan

Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Racun dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Memelihara tanaman hias di dalam ruangan dapat menciptakan suasana alam yang menyegarkan. Apalagi tak banyak tumbuhan hijau yang tumbuh di perkotaan. Sentuhan hijaunya tanaman hias akan memberikan nuansa yang lebih hidup, sejuk, dan segar.

Selain memberikan efek keindahan, menaruh tanaman di dalam rumah juga memiliki manfaat kesehatan. Beberapa tanaman memiliki fungsi sebagai penyerap racun dan memperlancar sirkulasi udara.

Kendati demikian, tak semua tanaman hias cocok diletakkan di dalam rumah. Untuk membantu Anda memilih tanaman hias yang cocok, dilansir dari SehatQ.com, beberapa tanaman di bawah ini dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Hias Monstera dan Harga Pasarannya

Lili Paris

Berbentuk memanjang seperti rumput, lili paris sangat cocok diletakkan di rumah untuk mendapatkan kesan tropis yang subur. Tanaman lili paris bermanfaat menghasilkan oksigen, menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding atau furnitur.

Tanaman ini biasanya diletakkan di ruang tamu yang memiliki akses terang dari sinar matahari. Merawatnya juga mudah. Anda hanya perlu menyiramnya dua hari sekali pada musim kemarau dan seminggu sekali pada musim hujan.

Peace Lily

Tanaman peace lily adalah tanaman daun yang berbunga putih. Maka, Anda membutuhkan teknik yang tepat dalam merawatnya. Tanaman ini biasa diletakkan di ruangan yang tak terlalu terik dan membutuhkan kelembapan yang cukup seperti kamar tidur atau ruang keluarga.

Tanaman ini juga dapat menghasilkan oksigen di malam hari. Selain itu, peace lily juga dapat menyerap racun formaldehida, benzena, dan karbon monoksida.

Daun Sirih Gading

Berbentuk seperti hati, daun sirih gading paling banyak dipilih sebagai dekorasi ruangan. Tanaman ini memiliki cara pertumbuhan yang unik karena dapat merambat melengkung meski tanpa diberi penyangga. Keunggulan lainnya, tanaman ini sangat sulit layu dan dapat hidup di media air (hidroponik).

Dalam hal menyaring udara, tanaman ini memang sedikit lemah daripada tanaman lainnya. Akan tetapi, tanaman ini dapat menyerap bau-bau tak sedap seperti asap rokok dan bau amis.

Lidah Mertua

Lidah mertua atau biasa disebut sebagai snake plants merupakan tanaman yang banyak diminati dan mudah dicari. Selain bentuknya yang unik, tanaman ini juga berfungsi sebagai tanaman pembersih udara. Tanaman ini dapat melepaskan oksigen saat malam hari. Lidah mertua juga dapat menyerap racun seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oksida.

Tanaman ini cocok diletakkan di ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara yang cukup, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Merawatnya juga mudah. Anda hanya perlu menyiramkan sejarang mungkin karena tanaman ini sangat rentan dengan penyiraman air berlebihan.

Baca Juga: 5 Penyebab Tanaman Menjadi Layu yang Harus Anda Ketahui

Monstera

Daun janda bolong atau monstera adalah salah satu tanaman viral yang banyak dicari. Harga untuk satu pot bahkan bisa mencapai puluhan juta. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan berlubang dengan alami. Sangat unik dan menyegarkan mata.

Kendati demikian, ada banyak manfaat dari daun janda bolong ini. Daun janda bolong bermanfaat memperbaiki sirkulasi udara. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat racun yang menyebar melalui udara.

Karena bentuknya yang lebar, Anda perlu menyediakan ruang yang cukup agar daun tetap bisa mengembang. Tanaman ini perlu disiram dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Tanaman daun janda bolong ini juga dapat hidup di media air (hidroponik).  

Daun Paku Sarang Burung

Daun paku sarang burung atau Bird’s nest fern merupakan tanaman hias indoor yang cocok diletakkan di kamar mandi karena tanaman ini membutuhkan tempat yang lembap agar tumbuh subur. Sama seperti tanaman lainnya, daun paku sarang burung juga dapat membantu sirkulasi udara dan menyerap zat racun seperti formaldehide, xylene, dan toluene.

Baca Juga: Kenali Serangan Kutu Putih Pada Tanaman dan Cara Mengatasinya

Daun Ivy

Daun Ivy atau english ivy merupakan salah satu tanaman gantung ruangan yang memiliki daun kecil dan sedikit merambat. Tanaman ini sangat baik sebagai penyaring udara di dalam ruangan seperti kamar tidur dan ruang keluarga.

Cara merawat tanaman daun ivy adalah dengan meletakkannya di posisi yang cukup terkena sinar matahari. Selain itu, tanaman ini juga tidak perlu banyak disiram air.

Kaktus

Tanaman kaktus dapat menyerap karbondioksida yang dilepaskan di dalam rumah, lalu akan mengubahnya menjadi oksigen saat malam hari. Kaktus juga dapat mengurangi kadar polutan rumah seperti nitrogen dioksida dan benzena. Zat-zat tersebut dapat ditemukan di karpet, asap rokok, tas belanja, buku, dan tinta.

Kaktus sebenarnya tahan dalam kekeringan. Namun, mereka tetap perlu mendapatkan penyiraman saat benar-benar kering. Mereka juga membutuhkan cukup sinar matahari, sehingga Anda perlu meletakkannya di sisi jendela.

Selanjutnya: Mengenal Tanaman Hias Daun Aglonema yang Dapat Membersihkan Udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News