HOME, Keluarga

Jenis-Jenis Makanan yang Berbahaya Bagi Sugar Glider

Jenis-Jenis Makanan yang Berbahaya Bagi Sugar Glider

MOMSMONEY.ID - Meski merupakan hewan omnivora, ada beberapa makanan yang ternyata bahaya untuk dikonsumsi sugar glider. Di habitat aslinya, sugar glider dapat memilih makanannya sendiri. Mereka paham jenis makanan apa yang aman dan beracun untuk mereka. Sayangnya, saat dipelihara, sugar glider tidak bisa memilih makanannya sendiri.

Maka dari itu, sebagai pemilik, Anda harus memahami jenis-jenis makanan apa saja yang berbahaya bagi sugar glider. Dilansir dari Dilansir dari animals.mom.com, berikut beberapa makanan yang berbahaya untuk sugar glider.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Megakolon yang Dialami Kucing

Beberapa Macam Sayuran dan Bawang

Makanan utama sugar glider memang buah dan sayuran, mereka juga suka makanan manis. Namun, ada beberapa sayuran yang tak bisa dimakan, seperti kembang kol, daun bawang, kacang polong, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, lobak, dan kubis brusel.  Sayuran tersebut berpotensi beracun untuknya.

Buah Beri

Buah-buahan seperti stroberi, bluberi, buah ara, dan plum tidak direkomendasikan untuk sugar glider. Buah-buahan ini mengandung tingkat oksalat yang tinggi, sehingga tidak sehat untuk sugar glider karena memengaruhi penyerapan kalsiumnya.

Permen dan Cokelat

Pernahkah Anda berpikir untuk memberinya permen? Jangan coba-coba, ya! Makanan apa pun dengan gula rafinasi, seperti buah kalengan atau permen, berbahaya bagi sugar glider. Ini termasuk cokelat dan soda. Terutama minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang beracun untuknya.

Baca Juga: Anda Memelihara Sugar Glider? Hati-Hati dengan Risiko Penyakit yang Ditularkannya

Kacang dan Biji

Kacang-kacangan dan biji-bijian tidak beracun, tetapi karena lemaknya yang tinggi dan nilai gizi yang rendah, kacang dan biji harus disajikan hanya sebagai cemilan sesekali. Selain itu, segala jenis biji kopi juga beracun bagi sugar glider karena mengandung kafein. Makanan yang asam dapat mengganggu sistem pencernaan sugar glider.

Produk Susu

Beberapa sugar glider mungkin dapat mentolerir sejumlah kecil yogurt, tapi umumnya mereka tidak toleran dengan laktosa dan tidak bisa mengonsumsi produk susu lain seperti keju dan es krim. Lebih baik, Anda menghindarinya.

Daging Mentah

Sugar glider memakan serangga, bukan daging mentah. Daging olahan juga tidak dibolehkan karena kandungan garam di dalam daging olahan.

Telur Mentah

Di penangkaran sugar glider masih boleh mengonsumsi telur rebus, tetapi tidak untuk telur mentah. Telur yang masih mentah dikhawatirkan dapat menyebabkan risiko kontaminasi dengan bakteri.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mengecek kebersihan makanan sugar glider. Anda perlu mencuci buah dan sayuran yang hendak diberikan agar bahan kimia dan pestisida hilang. Gunakan juga air minum matang untuk diminum hewan peliharaan, jangan berikan air ledeng apalagi air sumur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News