HOME, Keluarga

Jenis-Jenis Makanan Manusia Ini Aman untuk Diberikan ke Kucing

Jenis-Jenis Makanan Manusia Ini Aman untuk Diberikan ke Kucing

MOMSMONEY.ID - Kucing sering kali tak gagal membuat orang terenyuh untuk membelai mereka atau bahkan saat mereka meminta makanan. Sayangnya, Anda tak boleh cuma-cuma memberikannya karena makanan manusia beberapa di antaranya berbahaya untuk kucing.

Namun, ada beberapa jenis makanan manusia yang tetap aman dikonsumsi kucing dalam jumlah yang sedikit. Meski begitu, beberapa jenis makanan ini belum cukup memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Nah, apa saja makanan itu?

Baca Juga: Sebelum Diberikan Ke Kucing, Ketahuilah Obat-Obatan Manusia Ini Beracun untuk Kucing

Telur

Telur mengandung protein dan vitamin B yang baik. Telur akan aman diberikan kucing setelah dimasak (direbus atau dioseng tanpa minyah dan bumbu). Jangan pernah memberikan telur mentah karena mengandung risiko virus dan bakteri seperti E. Coli dan Salmonella.

Ikan

Dilansir dari Pet.webmd.com, ikan memiliki banyak asam lemak omega-3, yang membantu mata kucing Anda tetap tajam serta membantu radang sendiri, penyakit ginjal, dan gangguan jantung. Jenis ikan yang aman dikonsumsi kucing adalah salmon, ikan kaleng hambar, minyak ikan (dalam jumlah kecil), ikan tuna, dan ikan tongkol. Aturan dalam memberikannya adalah ikan sudah dicuci, dipotong kecil tanpa duri, direbus tanpa bumbu, dan tidak terlalu banyak, terutama ikan tuna.

Daging Ayam

Daging ayam tanpa kulit memang baik untuk kucing. Daging mengandung banyak protein yang bagus untuk kucing. Namun, terlalu banyak lemak dapat membuat kucing sakit perut dan mengalami obesitas. Anda tak disarankan untuk memberinya mentah-mentah. Anda dapat merebus daging dan memotongnya kecil-kecil sebelum diberikan kepada kucing. Bila perlu, Anda dapat melembutkan dan mencampurkannya dengan suplemen kucing agar lebih bernutrisi.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik dan Bergizi untuk Kelinci Peliharaan

Sayuran

Sudah tak mengherankan kucing hewan karnivora memakan sayuran. Sayuran bagi kucing adalah solusi untuk mengatasi masalah pencernaannya, tetapi bagi beberapa kucing sayuran memiliki tekstur yang menyenangkan untuk dikunyah. Sayuran yang bisa dimakan kucing contohnya bayam, selada, kangkung, timun, wortel, brokoli, dan asparagus. Anda perlu mencuci sayuran dan memotongnya sebelum diberikan kepada kucing. Sementara wortel, brokoli, dan asparagus dapat direbus dulu agar lebih lunak untuk dimakan kucing.  

Buah-Buahan

Beberapa kucing bisa memakan sebagian besar jenis buah, tetapi dengan jumlah yang sedikit. Dilansir dari Pawlicy.com, ini karena buah-buahan mengandung gula yang tinggi dan bisa membuat kucing mengalami kelebihan berat badan atau menyebabkan diabetes jika diberikan dalam jumlah banyak. Beberapa buah yang bisa dimakan kucing adalah apel, semangka, pisang, labu, dan beri-berian.

Aturan dalam memberikannya, buah perlu dicuci sampai bersih, mengupas kulit, membuang biji, dan memotongnya dalam bentuk yang sesuai dengan mulut kucing. Beberapa jenis buah mungkin dapat Anda lembutkan lebih dahulu agar kucing bisa memakannya dengan mudah. Buah bisa menjadi cemilan yang baik dan membantu mengatasi masalah pencernaannya. 

Selanjutnya: Kenali 7 Tanda-Tanda Kehidupan Kucing akan Berakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News