HOME, Bugar

Jenis-Jenis Jerawat dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Jerawat dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Jerawat adalah gangguan kulit umum yang terbentuk ketika folikel rambut di bawah kulit tersumbat. Sebagian besar jerawat muncul pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu.  

Siapa saja bisa terkena jerawat, tetapi itu biasa terjadi pada remaja dan dewasa muda. Wajah jerawat bukan kondisi yang serius, tetapi dapat menyebabkan bekas luka. Perubahan hormon, saat remaja atau proses kehamilan juga kerap minumbulkan munculnya jerawat, dikutip dari Healthline.

Jerawat menjadi "musuh" utama banyak orang. Selain menganggu penampilan, jerawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Meski berbagai cara telah dilakukan, jerawat tetap saja susah untuk disingkirkan. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit ini?  

Jenis jerawat sangat beragam dan cara mengatasinya juga akan berbeda-beda. Namun, sebelum mengenal berbagai macam jenis perawatan untuk jerawat, baikanya Anda mengerti terlebih dahulu jenis-jenis jerawat. 

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Wajah Awet Muda, Mudah Dilakukan

1. Nodul

Bagi anda yang memiliki jerawat nodul mungkin perlu berhati-hati. Pasalnya, jenis jerawat yang mengalami peradangan ini termasuk kategori kondisi yang serius. Pada dasarnya, penyebab jerawat yang satu ini sama seperti jerawat lainnya.  

Hanya saja, tipe jerawat ini terjadi akibat peradangan yang menembus hingga ke lapisan kulit lebi h dalam. Usahakan untuk tidak memencet jerawat ini karena akan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang nantinya. 

2. Komedo putih (whiteheads)

Komedo merupakan jenis jerawat dasar. Maksudnya, ketika minyak dan sel kulit bercampur dan menyumbat pori, komedo adalah hal pertama yang muncul sebelum membentuk jerawat. Jika pori-pori menutup dan Anda melihat benjolan kecil yang berwarna putih atau berwarna daging, ini adalah komedo putih atau whiteheads. 

Salah satu penyebab bentuk jerawat ini muncul adalah perubahan hormon. Pada masa-masa tertentu, yakni masa pubertas dan haid, jumlah sebum atau minyak diproduksi pori-pori anda meningkat.  

3. Komedo hitam (blackheads)

Komedo hitam merupakan jenis jerawat yang naik ke permukaan kulit, sehingga ujung jerawat berwarna hitam. Warna hitam pada ujung jerawat disebabkan oleh pigmen kulit yang meningkat, bukan karena kotoran atau debu, sehingga tidak dapat dibersihkan.  

Sama seperti komedo putih, blackheads juga dapat muncul di mana saja, dari wajah, punggung, hingga dada. Bentuk jerawat ini juga disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, dan bakteri yang menyumbat pori.  

4. Papula

Papula merupakan benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Tipe jerawat yang satu ini terjadi akibat penyumbatan tidak sampai ke permukaan kulit dan sel kulit mati terus menumpuk. Akibatnya, folikel rambut pun mengalami tekanan yang dapat menyebabkan dinding folikel pecah. 

Jerawat papula biasanya muncul ketika komedo, baik komedo hitam maupun putih, dibiarkan begitu saja. Alhasil, peradangan pada komedo pun terjadi dan menyebabkan iritasi pada sel kulit di sekitarnya. 

5. Pustula

Jerawat pustula merupakan jenis jerawat yang terjadi akibat komedo yang meradang. Jerawat pustula biasanya muncul ditandai dengan benjolan dasar yang merah dan ujung kepala yang putih.  

Selain itu, isi jerawat pustula dipenuhi dengan nanah. Nanah tersebut menunjuk ke satu titik di kulit atasnya yang membentuk titik putih. Pustula dan papula sering muncul bersamaan dan berkumpul dalam jumlah yang banyak.  

Baca Juga: Zat Polifenol pada Mangga Baik untuk Pederita Kanker

Saat jerawat muncul, baiknya jangan dipegang atau sering disentuh untuk menghindari peradangan pada kulit. Moms harus paham perbedaan jerawat agar lebih mudah mngatasinya.

Selanjutnya: Meskipun Daun Genjer tidak Populer, Namun Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News