HOME, Bugar

Jenis-Jenis Insomnia yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Insomnia yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan ini bisa berdampak pada aktivitas penderita keesokan harinya.

Biasanya, saat mengalami insomnia, Anda merasa kesulitan untuk tidur pada malam hari, sering terbangun tengah malam, atau tidak mendapatkan tidur yang cukup. 

Ternyata ada macam-macam gangguan tidur yang bisa menghantui Anda sewaktu-waktu. Berikut adalah macam-macam insomnia yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengalami Stres

1. Insomnia

Dari berbagai jenis gangguan tidur, insomnia kemungkinan besar merupakan yang paling sering didengar di telinga kebanyakan orang. Kondisi ini terjadi ketika seseorang sulit memulai atau mempertahankan tidur. Orang tua dan wanita lebih berisiko mengalaminya.

Penyebab insomnia cukup beragam, antara lain stres, gangguan pencernaan, serta hormon. Insomnia dapat memengaruhi kualitas hidup, bahkan berpotensi menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Depresi.
  • Sulit konsentrasi
  • Cepat marah.
  • Penambahan berat badan
  • Masalah pada pekerjaan.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia, yaitu dengan tidur pada jam yang sama setiap harinya, mematikan lampu kamar Anda, dan bisa juga dengan menghindari minum kopi saat menjelang tidur.

2. Parasomnia

Sering mendengar cerita seseorang yang berjalan saat tidur? Atau bahkan Anda sendiri yang mengalaminya? Itu termasuk salah satu gejala parasomnia. Parasomnia sendiri adalah jenis gangguan tidur yang membuat penderita melakukan gerakan dan berperilaku tidak normal saat tidur.

Tak hanya tidur berjalan, gerakan dan perilaku yang tidak normal tersebut dapat berupa:

  • Mengigau.
  • Mengeluarkan rintihan.
  • Mimpi buruk.
  • Mengompol.
  • Menggertakkan gigi.
  • Mengatupkan rahang.

3. Sleep Apnea

Sebagian orang mendengkur ketika tidur. Meski kerap dianggap bukan masalah, mendengkur tetaplah gangguan tidur. Sementara itu, ada yang lebih serius dibanding mendengkur, yakni sleep apnea.

Dari macam-macam gangguan tidur, ini adalah salah satu kondisi kesehatan yang serius karena mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen dan membuat Anda terjaga pada malam hari. Terdapat beberapa terapi OSA yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker oksigen bertekanan khusus.

4. Gangguan ritme sirkadian

Jam biologis tubuh atau ritme sirkadian bertanggung jawab dalam mengatur pola tidur, menentukan suhu tubuh, tekanan darah, dan hormon. Ritme sirkadian ini bisa terganggu. 

Gangguan ritme sirkadian adalah kondisi yang dapat terjadi ketika jam biologis internal seseorang tidak selaras dengan isyarat waktu eksternal, termasuk siklus cahaya gelap alami.

Apabila terjadi, Anda bisa mengalami bangun lebih siang, sulit tidur, atau sulit berkonsentrasi. Jam biologis tubuh yang terganggu dapat terjadi pada orang dengan kebutaan total, kerja sistem shift, jet lag, atau karena sindrom fase tidur lanjut atau tertunda.

5. Narkolepsi

Narkolepsi merupakan penyakit tidur kronis yang yang ditandai dengan rasa mengantuk yang berlebihan pada siang hari dan menimbulkan serangan tidur. Anda bisa tiba-tiba tertidur kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Pengertian Ritme Sirkandian dan Manfaatnya untuk Tubuh

Pengobatan insomnia tergantung pada penyebab yang mendasarinya dan kondisi pasien. Metode yang dapat diberikan oleh dokter adalah psikoterapi atau konseling, obat-obatan, atau kombinasi keduanya.

Insomnia dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara sederhana berikut ini.

  • Menghindari banyak makan dan minum sebelum tidur
  • Membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein
  • Berusaha aktif di siang hari agar terhindar dari tidur siang

Selanjutnya: Sleep Hacks, Ini Dia Tips untuk Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News