HOME, Santai

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar di Akuarium Paling Populer

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar di Akuarium Paling Populer

MOMSMONEY.ID - Selain kucing dan anjing, ikan hias juga populer dijadikan hewan peliharaan di rumah. Ikan memang bukan hewan peliharaan yang bisa diajak bermain, tetapi bisa mempercantik dan memberikan suasana segar di rumah yang bisa membantu menyegarkan pikiran.

Ikan hias memiliki beragam jenis, warna, dan bentuk. Ada yang sangat besar dan ada yang sangat kecil. Jika Anda tidak memiliki kolam ikan, Anda bisa memelihara ikan hias di dalam akuarium dengan ukuran ikan yang kecil. Air yang digunakan juga bisa menggunakan air tawar yang Anda miliki di rumah.

Dilansir dari bogorkab.go.id, Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) mencatat sekitar 1300 spesies ikan hias yang diperdagangkan di dunia, 750 jenis di antararanya adalah ikan hias air tawar. Di antara ratusan jenis ikan hias air tawar, ada beberapa ikan yang populer untuk dipelihara.  Apa saja?

Baca Juga: Macam-Macam Hormon Bahagia dan Manfaatnya untuk Tubuh di saat Pandemi

Ikan Cupang

Eksistensi ikan cupang tak perlu ditanyakan lagi ya, Moms. Keberagaman warna, corak, dan bentuk ekor membuat ikan cupang menjadi ikan hias yang paling banyak dicari. Harganya pun beragam, ada yang murah dan ada juga yang sampai menyentuh harga jutaan. Harga fantastis ini biasaya dipengaruhi oleh jenis ikan cupang dan kombinasi warna yang unik.

Sayangnya, ikan ini memiliki sifat agresif yang tinggi sehingga tidak bisa digabung dengan ikan lainnya. Jadi, Anda memerlukan akuarium yang berbeda-beda untuk setiap ikan cupang yang dipelihara.

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki memiliki karakteristik yang unik. Perut bagian bawahnya buncit dan berwarna cerah seperti kuning, putih, dan oren.  Sama seperti ikan cupang, ikan mas koking memiliki harga yang beragam. Beberapa ikan mas koki menyentuh harga jutaan rupiah bergantung jenis, kelangkaan, ukuran, usia, dan warna.

Ikan Neon Tetra

Bernama latin paracheirodon innesi, ikan neon tetra merupakan pilihan populer sebagai ikan hias di akuarium.  Ikan neon tetra memiliki beberpa jenis di antaranya neon tetra albino, neon api, black neon, neon blue eyes, dan lain-lain. Ikan neon tetra umumnya memiliki warna merah menonjol di bagian belakang, sedangkan tubuh di bagian tas dan bawah bagian depan berwanra biru kehijauan.

Ikan ini termasuk ikan yang tahan terhadap penyakit dan selalu membentuk sculling atau gerombolan dengan kawanannya.Akan sangat bagus bila Anda memelihara ikan neon tetra dalam jumlah banyak.  Sebab, ikan ini memiliki zat bioluminesen yang dapat mengeluarkan cahaya.

Baca Juga: Lama Waktu Boleh Menyimpan Daging di Dalam Kulkas

Ikan Guppy

Sedikit mirip dengan ikan cupang, ikan guppy juga memiliki ekor yang mengembang lebar. Ikan ini memiliki bentuk yang mungil, yakni sekitar 2,5 cm diukur dari kepala ke ekor. Ikan ini juga memiliki ragam warna dan corak yang unik bergantung jenisnya, seperti guppy cobra, guppy japan blue, pink white guppy mozaic, guppy leopard, dan lain-lain.

Kabar baiknya, ikan guppy tidak agresif dan memiliki karakter berkologi sehingga dapat dipelihara dengan ikan-ikan lainnya dalam satu akuarium.

Ikan Manfish

Ikan manfish atau biasa disebut juga angel fish, merupakan ikan omnivota yang mudah dipelihara. Ikan ini memiliki bentuk yang unik, pipih seperti layangan. Cara bergeraknya pun lambat seperti melayang-layang di air. Ikan manfish memiliki jenis-jenis yang beragam, seperti leopard manfish, gold manfish, albino manfish, black lace manfish, dan lain-lain.

Ikan ini dikenal relatif peka terhadap penyakit, maka penjagaan terhadap air dan pakan sangat diperlukan.  Secara umum, ikan manfish adalah ikan yang damai. Namun, mereka cukup agresif saat kawin dan akan bertelur. Ikan ini juga cenderung melahap ikan yang lebih kecil.

Ikan Moly

Ikan moly memiliki bentuk yang kecil, gemuk, dan memiliki beragam warna. Ikan ini juga jinak dan mudah dirawat. Ikan moly cocok dipelihara di dalam akuarium bersama ikan-ikan kecil lainnya karena tidak akan berkelahi. Meski akuarium Anda tanpa alat pompa oksigen, ikan moly tetap mampu bertahan hidup.

Selanjutnya: Mengetahui Kondisi Kesehatan Kucing dan Anjing dari Fesesnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News