Keluarga

Jenis-jenis Blush On dan Tips Menggunakannya Berdasarkan Bentuk Wajah

Jenis-jenis Blush On dan Tips Menggunakannya Berdasarkan Bentuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Cari tahu jenis-jenis blush on dan tips menggunakannya berdasarkan bentuk wajah. Blush on mampu menambahkan cahaya kemerahan yang dapat membuat wajah terlihat segar.

Meskipun begitu, pemilihan produk blush on harus dilakukan secara teliti. Sebab, formula blush on yang tidak sesuai bisa merusak penampilan makeup alih-alih mempercantiknya.

Dirangkum dari BeBeautiful, inilah dua jenis blush on beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu Anda ketahui.

1. Powder blush

Powder Blush

Jenis blush on pertama yang perlu Anda ketahui adalah powder blush. Berikut kelebihan dan kekurangan powder blush.

Baca Juga: Warna Lipstik Berdasarkan Zodiak, Gemini Bisa Pilih Warna Ini

Kelebihan:

Bagian terbaik dari blush on berbentuk powder atau bubuk terletak pada pigmentasinya. Umumnya, blush on jenis ini mampu memberikan warna yang luar biasa mencolok. Dengan kelebihannya ini, powder blush cocok untuk digunakan oleh siapa saja yang menginginkan penampilan makeup nan intens dan glamor.

Jika pengaplikasiannya benar, powder blush bahkan dapat berfungsi ganda yang mana tidak hanya mampu memberikan rona pada pipi melainkan juga bisa digunakan sebagai kontur dan membantu memberikan penampilan yang lebih halus pada wajah.

Kelebihan lain dari powder blush yaitu sifatnya yang cenderung tahan lama untuk digunakan sepanjang hari.

Kekurangan:

Powder blush berisiko menyebabkan cakey apabila tidak diaplikasikan dengan benar. Masalah ini dapat terjadi ketika Anda menggunakan powder blush di atas makeup yang tebal dan penuh.

Apabila kulit wajah sudah dihinggapi oleh tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, blush on jenis ini kemungkinan besar akan semakin menonjolkan ketidaksempurnaan tersebut.

2. Cream blush

Cream Blush

Jenis blush on kedua yang perlu Anda ketahui adalah cream blush. Berikut kelebihan dan kekurangan cream blush.

Kelebihan:

Jika menginginkan penampilan pipi yang merona alami, bercahaya, dan menyerupai kulit asli, blush on berbentuk cream menjadi opsi terbaik yang bisa Anda gunakan tanpa ragu.

Cream blush biasanya memiliki tekstur yang super ringan di kulit dan tentunya terkesan natural. Itu artinya, cream blush dapat digunakan bertumpuk-tumpuk tanpa terlihat maupun terasa berat.

Kekurangan:

Cream blush cenderung kurang cocok bagi orang-orang yang menginginkan rona pipinya terlihat mencolok. Pasalnya, blush on jenis ini memiliki pigmentasi yang amat kurang jika dibandingkan dengan powder blush meskipun hasil akhirnya halus.

Selain itu, cream blush juga lebih mudah meleleh dan kurang tahan lama terutama jika Anda memakainya di tempat yang sangat lembab atau Anda termasuk orang yang mudah berkeringat.

Sebaiknya pilih jenis blush on yang mana?

Jika memiliki kulit yang cenderung berminyak, maka powder blush merupakan pilihan terbaik. Powder blush akan bekerja seperti mineral atau translucent powder yang mampu membatasi produksi sebum berlebih.

Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit kering, alangkah baiknya Anda memilih cream blush alih-alih powder blush.

Bagi para wanita dewasa, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan powder blush terlebih yang mengandung shimmer. Karena, blush on jenis ini tergolong sulit untuk dibaurkan dan hanya akan menonjolkan garis-garis halus serta kerutan pada wajah.

Baca Juga: 5 Efek Negatif Terlalu Sering Pakai Makeup, Salah Satunya Penuaan Dini

Tips menggunakan blush on berdasarkan bentuk wajah

Blush on perlu diterapkan selaras dengan bentuk wajah agar fitur wajah tampak paripurna. Jika tidak, fitur wajah yang seharusnya disamarkan akan terlihat lebih menonjol.

Supaya  tidak salah langkah, terapkanlah 5 tips menggunakan blush on berdasarkan bentuk wajah ala L’Oreal Paris dan Urban Company ini.

1. Wajah kotak

Jika Anda memiliki wajah berbentuk kotak, sangat disarankan untuk menerapkan blush on dalam lingkaran kecil dengan berfokus pada area apple cheeks.

Trik ini akan menghilangkan penekanan dari garis rahang sehingga wajah bisa terlihat lebih penuh dan bulat.

Untuk menghindari ilusi wajah yang tampak lebih besar, pastikan untuk tidak membaurkan blush on terlalu jauh secara horizontal ya.

2. Wajah bulat

Untuk para pemilik wajah bulat, membuat tulang pipi tampak menonjol merupakan hal yang penting.

Aplikasikanlah blush on sedikit ke bawah dan arahkan ke luar pipi. Jika tulang benar-benar tidak terlihat, Anda bisa menyedot pipi  ke dalam kemudian oleskan sedikit blush on di tulang pipi yang menonjol dengan sudut 45 derajat.

Hindari untuk menerapkan blush on pada bagian atas pipi dan ke arah hidung karena dapat membuat wajah tampak lebih bulat.

3. Wajah oval

Punya wajah berbentuk oval? Pastikan untuk tidak mengaplikasikan blush on di bawah tulang pipi karena itu adalah tempat untuk meletakkan kontur.

Sebaiknya, tonjolkan tulang pipi Anda dengan menerapkan blush on mulai dari bagian tengah pipi lalu sapukan ke arah pelipis.

4. Wajah panjang

Memiliki wajah yang panjang itu artinya memiliki lebih banyak ruang untuk menerapkan blush on.

Mulailah mengaplikasikan blush on dari bawah pupil dan ratakan ke tengah pipi dengan bentuk garis lurus atau sedikit setengah lingkaran.

Ini akan membuat wajah yang panjang tampak lebih pendek. Supaya hasilnya maksimal, pakailah blush on berwarna lembut alih-alih cerah.

5. Wajah hati

Wajah berbentuk hati cenderung tampak runcing. Untuk melembutkan fitur pada wajah berbentuk hati, aplikasikan blush on membentuk huruf “C” dari atas pipi hingga ke atas ujung alis.

Anda juga dapat menambahkan sedikit blush on ke bagian tengah dahi untuk menciptakan keseimbangan antara dahi dan dagu.

Demikian jenis-jenis blush on dan tips menggunakannya berdasarkan bentuk wajah. Semoga bermanfaat ya, Moms.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News