ads

Jenis-Jenis Bahan Meja Dapur, Cocok untuk Penyuka Dapur Minimalis!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 26 Juni 2022 | 16:15 WIB
Jenis-Jenis Bahan Meja Dapur, Cocok untuk Penyuka Dapur Minimalis!


MOMSMONEY.ID - Meja dapur alias countertop adalah salah satu komponen yang wajib ada di dalam dapur.

Jadi, Anda memerlukan meja dengan material yang dipilih dengan baik supaya kegiatan masak-memasak di dapur menjadi lebih nyaman.

Namun, memilih material meja dapur yang sesuai dengan konsep minimalis dapat menjadi halangan tersendiri. Pasalnya, tidak semua jenis bahan cocok digunakan sebagai meja dapur yang minimalis.

Nah, kira-kira material atau bahan apa saja yang dapat Anda pilih untuk meja dapur minimalis? Dilansir dari The Spruce dan housebeautiful.com, berikut beberapa pilihan material meja dapur yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik dapur minimalis.

Baca Juga: Bingung Memilih Warna Keramik Dapur? Ini Rekomendasinya

Granit

Granit merupakan salah satu material meja dapur yang populer di Barat. Di Indonesia sendiri, jenis meja dapur ini juga mulai populer karena dapat memberikan kesan elegan dan mewah, namun tidak terlihat berlebihan sehingga cocok untuk dapur minimalis.

Selain kesan elegan dan mewah, granit merupakan material yang tahan panas dan sangat kuat. Namun, granit termasuk bahan yang cukup mahal dan bisa retak apabila tidak dipasang dengan benaratau mengalami kelebihan beban. Jadi, Anda tidak disarankan memasang jenis meja ini sendiri.

Marmer

Selain granit, marble atau marmer juga merupakan material meja dapur yang populer di Barat dan mulai banyak digunakan di Indonesia. Berbeda dengan granit yang memiliki motif bintik-bintik, marmer cenderung memiliki motif memanjang yang terlihat sleek dan halus. Meja marmer juga dapat memberikan kesan dapur yang elegan dan minimalis.

Meja dapur yang terbuat dari marmer tahan air dan tahan panas, namun bahan ini juga mahal dan mudah sekali tergores dan kotor. Anda pun tidak disarankan untuk memasang meja ini sendiri karena cukup berat.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Dapur Terbuka, Cocokkah untuk Rumah Anda?

Keramik

Keramik atau ubin merupakan pilihan material meja dapur yang cukup populer di Indonesia karena murah dan pemasangannya mudah. Selain itu, material ini juga dapat digunakan untuk bagian dinding dapur. Pilihan warna dan motifnya pun beragam.

Kekurangannya, keramik mudah retak atau pecah jika terkena benturan. Garis-garis tepi pada keramik pun mudah kotor dan sulit dibersihkan.

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Keramik Bermotif Pada Interior, Rumah Tampak Hidup

Kayu

Untuk menampilkan kesan dapur minimalis yang klasik, Anda dapat menggunakan meja dapur yang terbuat dari kayu. Meja dapur dari kayu cukup mudah dibersihkan dan sangat awet bila dirawat dengan baik. Selain itu, Anda dapat sesekali mengamplas dan memberi lapisan pelindung pada meja kayu untuk memperpanjang masa pakainya.

Namun, meja dapur berbahan kayu juga memiliki kekurangan seperti mudah tergores pisau dan mudah rusak karena cairan dan noda. Meja dapur pun rentan terkena jamur dan bakteri jika tidak dirawat dengan benar.

Stainless Steel

Terakhir, ada bahan stainless steel yang cocok untuk dapur minimalis bergaya kontemporer dan industrial. Meja dapur berbahan stainless steel juga tahan panas dan mudah dibersihkan, serta memberikan kesan sleek serta premium.

Namun, meja dapur stainless steel juga rentan mengalami kerusakan akibat goresan benda tajam. Selain itu, karena terbuat dari baja, meja dapur stainless steel cenderung menimbulkan banyak suara ketika digunakan sehingga tidak ideal bagi Anda yang tidak suka suasana berisik.

Nah, itulah 5 pilihan material meja dapur yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercantik dapur minimalis. Adakah material yang menarik perhatian Anda?

Jangan lupa, pilihlah material sesuai dengan budget dan tema dapur minimalis keinginan Anda, ya. Selamat memilih!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER