HOME, Keluarga

Jenis Ikan Cupang Terlangka yang Banyak Dicari Kolektor

Jenis Ikan Cupang Terlangka yang Banyak Dicari Kolektor

MOMSMONEY.ID - Eksistensi ikan cupang di indonesia cukup tinggi dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tak hanya sebagai koleksi pribadi, ikan cupang juga diminati untuk dibudidayakan sebagai ladang bisnis. Harga untuk seekor ikan cupang ini beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Harga yang beragam ini bergantung dengan ukuran, warna, dan corak cantik yang berbeda-beda. Keunikan bentuk ekor juga menjadi pertimbangan harga karena bisa jadi ini adalah bentuk ekor ikan cupang yang langka. Sebagian besar ikan cupang juga diberi nama sesuai dengan bentuk khusus mereka.

Baca Juga: Anda Berniat Mengebiri Binatang Peliharaan di Rumah? Perhatikan Hal-Hal Ini

Banyak kolektor yang kemudian berlomba-lomba untuk mendapatkan jenis ikan cupang yang langka. Salah satunya dalam segi warna dan bentuk ekornya. Berikut beberapa jenis ikan cupang terlangka yang banyak dicari kolektor.

Ikan Cupang Berwarna Ungu

Dilansir dari Aquariadise.com, warna cupang yang paling langka adalah ungu pekat. Ikan cupang ‘ungu’ biasanya muncul dengan warna biru atau merah di bawah cahaya tertentu, berarti mereka tidak benar-benar berwarna ungu.

Warna ikan cupang yang paling umum adalah kombinasi merah, biru, putih, dan kuning. Sulitnya menemukan ikan cupang berwarna ungu ini bisa jadi karena faktor genetika, logistik benih, dan permintaan peminat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Peliharaan saat Keracunan

Cupang Ekor Ganda

Nama ekor ganda diambil dari sirip ekor cupang yang terbelah. Kedua sirip ekor ini biasanya memiliki ukuran yang berbeda, tetapi ukuran terbelah yang merata lebih banyak disukai. Cupang jenis ekor ganda bukan jenis yang populer, tetapi kesulitan mencari jenis ini membuatnya menjadi jenis ikan cupang yang langka.

Cupang Plakat

Cupang plakat memiliki warna yang indah. Penamaan ‘plakat’ ini berasal dari Thailand yang artinya pertarungan atau laga. Sebab, ikan cupang jenis plakat ini sering dijadikan sebagai ikan aduan untuk orang-orang hobi adu ikan. Kendati demikian, satu ekor cupang plakat bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

Ikan cupang plakat jantan memiliki sirip yang lebih pendek daripada variasi lainnya. Cara membedakannya dengan cupang plakat betina, adalah dari sirip ekornya yang bulat dan sirip dubur yang menonjol. Saat ini, ada dua jenis cupang plakat, yakni plakat halfmoon dan plakat crownytail.   

Cupang Albino

Warna ikan cupang yang langka berikutnya adalah bening atau albino. Dilansir dari rarest.org, cupang albino sejati, tidak seperti cupang putih, memiliki mata merah muda atau merah. Kurangnya pigmentasi pada sisik dan sirip mereka menyebabkan tubuhnya tampak berwarna merah muda atau tranparan. Bahkan organ dan otot mereka dapat terlihat jika terkena cahaya yang tepat.

Baca Juga: Cara Mengobati Cacingan pada Kucing

Kendati demikian, keunikan mereka ternyata memiliki kerugian yang besar untuk diri mereka sendiri. Saat hidup di alam liar, cupang albino cenderung menjadi buta dan mengidap kanker karena sinar UV matahari menyinari tubuh mereka. Berbagai masalah kesehatan lainnya juga akan menjangkit cupang albino.

Cupang Hitam

Jika Anda perhatikan, keberadaan ikan cupang berwarna hitam murni sangat jarang ditemui. Cupang biasanya lebih mudah ditemukan yang berwarna biru yang sangat tua atau merah yang sangat tua. Sehingga sisiknya berwarna gelap, tetapi warna hitam murni sangat langka.

Ada beberapa bentuk cupang hitam, yaitu melano, lace, orchid, black devil, dan black ice. Cupang betina dengan warna hitam murni dan kesuburan yang baik adalah yang paling langka untuk dibeli. Sebab, kebanyakan ikan cupang hitam betina sering memiliki masalah kesuburan.

Selanjutnya: Tanda-Tanda Ikan Cupang akan Mati dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News