Keluarga

Jenis dan Harga Caladium Bicolor, Simak Cara Merawat Bunga Keladi

Jenis dan Harga Caladium Bicolor, Simak Cara Merawat Bunga Keladi

MOMSMONEY.ID - Tren merawat bunga keladi atau caladium bicolor meningkat sejak pandemi. Ada beberapa jenis dan harga coladium bicolor. 

Harga caladium bicolor bisa berbeda-beda tergantung jenisnya. Harga caladium bicolor atau bunga keladi berkisar Rp 100.000 hingga jutaan rupiah.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam merawat bunga keladi atau caladium bicolor. Harga caladium bicolor semakin tergantung kondisi dan jenisnya. 

Mengutip balithi.litbang.pertanian.go.id, tanaman caladium bicolor atau bunga keladi berasal dari hutan basah di Kolombia, Amerika Selatan.

Baca Juga: Harga Aglonema Tiara Merah, Simak Rekomendasi Tempat untuk Merawatnya

Caladium bicolor memiliki tinggi tanaman 30-60 cm, daun berbentuk jantung atau agak membulat, dan panjang tangkai 20-50 cm. 

Bunga jantan dan betina terletak pada tongkol bunga yang berbentuk silindris, panjang 5 - 7 cm. Seludang bunga berwarna putih atau putih kekuningan,  panjang 3 - 5 cm. Buah lonjong warna kuning kemerahan.

Tanaman caladium bicolor dapat tumbuh mulai dataran rendah sampai dataran tinggi 5-800 mdpl. Tanaman ini tumbuh baik di lingkungan teduh dan lembab seperti di dekat sungai, empang atau danau. 

Nah untuk mengetahui lebih lanjut, berikut jenis dan harga caladium bicolor atau bunga keladi:

1. Bunga keladi Thailand 

Jenis bunga keladi Thailand ini memiliki ukuran daun yang cukup lebar dengan dominasi warna merah. 

Harga bunga ini mencapai Rp 1 juta rupiah.

2. Keladi Hibdrida 

Bunga keladi hibrida ini mempunyai bentuk daun yang mengerucut. Daunnya sendiri tidak terlalu lebar dan sedikit panjang. Keunikan dari tanaman ini ada di pangka daun yang membentuk seperti telinga. 

Harga bunga keladi ini mencapai Rp 4,3 juta. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Termahal Harganya, Begini Cara Merawat saat Ditinggal Pergi

3. Keladi hias Fannie Munson

Tanaman hias keladi Fannie Munson bisa tumbuh hingga ketinggian 75 cm. Dibutuhkan paling lama 23 minggu supaya daunnya tumbuh seutuhnya.

Harga bibit bunga ini senilai Rp 60-80 ribu. Sementara, bunga keladi Fannie Munson dewasa mencapai Rp 150-200 ribu.

4. Keladi hias wayang 

Harga anakan bunga keladi wayang dibanderol dengan harga Rp 50-100 ribu. Sementara untuk dewasa, dihargai Rp 100-300 ribu. 

5. Keladi Red Kujang

Bunga keladi red kujang mempunyai bentuk daun yang mirip seperti senjata khas daerah Jawa Barat yaitu Kujang. Daun yang ada di tanaman ini berwarna jernih. Dimana daunnya sangat banyak dan tangkainya memanjang ke atas. 

Harga bunga keladi ini cukup mahal bisa mencapai Rp 3 jutaan. 

Baca Juga: Tips Merawat Lidah Buaya, Begini Menyiram dan Cara Memindahkan Lidah Buaya

Cara merawat bunga keladi 

Anda perlu mengetahui beberapa cara merawat bunga keladi agar tetap tumbuh subur dan sehat. Tempatkan bunga keladi di area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. 

Untuk penyiraman, berikan kelembaban yang cukup agar tanahnya lembab secara merata. Anda bisa menyiram bunga keladi secara merata untuk menjaga kelembabannya.

Perlu diketahui bahwa bunga keladi tidak membutuhkan banyak pupuk. Berikan pupuk yang cukup, sebab terlalu banyak pupuk akan membuat bunga keladi terbakar daunnya. 

Baca Juga: Tips Merawat Bunga Melati di Dalam Rumah biar Tetap Wangi dan Subur

Jika diletakkan di dalam ruangan, tempatkan tanaman di area yang terkena cahaya matahari yang tidak terik dan sedikit terhalang. 

Misalnya di sebelah jendela selama 4 jam. Jika terpapar cahaya terlalu lama, maka bunga keladi akan hangus. 

Itulah informasi mengenai jenis dan harga caladium bicolor beserta cara merawat bunga keladi yang benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News