Keluarga

Jelang Ramadhan, Ikuti 7 Cara Tetap Sehat Selama Berpuasa Sebulan Penuh

Jelang Ramadhan, Ikuti 7 Cara Tetap Sehat Selama Berpuasa Sebulan Penuh

MOMSMONEY.ID - Sebentar lagi Umat Muslim akan menyambut Bulan Puasa. Agar puasa berjalan lancar, simak beberapa cara tetap sehat berpuasa di bulan Ramadhan, berikut ini.

Kadang kala tubuh butuh adaptasi dengan asupan makan & minum yang berhenti tiba-tiba pada awal-awal bulan Puasa. Ini membuat tenggorokan jadi sakit, bahkan tubuh jadi mudah lemas.

Nah, untuk bisa menghindarinya, mari ikuti sederet cara agar tetap sehat selama berpuasa sebulan penuh. Melansir dari Royco, simak kiat-kiatnya berikut ini.

Tak boleh dehidrasi

 Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Cara tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan nanti, usahakan selalu meminum air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter. Ini akan mencegah Anda nyeri tenggorokan akibat kekurangan cairan.

Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang akan sangat berbahaya bagi tubuh, karena air berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Dehidrasi tak hanya akan mengganggu kesehatan tubuhmu tapi juga mengganggu aktivitas keseharianmu.

Baca Juga: Mabuk Gula? Ikuti 5 Cara Lakukan Detoks Gula untuk Hilangkan Kadar Gula Berlebih

Jaga pola tidur

Salah satu cara tetap sehat berpuasa di bulan Ramadhan adalah dengan memperhatikan pola tidur.

Sahur membuat kita harus terbangun pada waktu subuh. Untuk meminimalisir risiko kekurangan tidur, disarankan untuk tidur lebih awal.

Selama berpuasa, sebaiknya hindari begadang. Karena selama di bulan puasa, waktu tidur menjadi lebih sedikit sehingga begadang hanya akan membuat tubuhmu menahan kantuk lebih lama. Jangka panjang dari begadang di bulan puasa akan membuat tubuh cepat drop.

Bagi Anda yang bekerja, luangkan juga waktu untuk tidur siang di saat weekend tiba.

Dengan tidur yang cukup, kesehatan tubuh akan lebih terjaga meski sedang berpuasa.

Baca Juga: Dijamin BPA Free, Ikuti 5 Cara Pilih Kotak Bekal yang Aman untuk Anak

Kurangi kegiatan berlebih

Selama berpuasa, asupan makan & minuman berkurang drastis. Hal ini dapat memengaruhi asupan gizi dan nutrisimu sehingga membuat energimu berkurang.

Cara agar tubuh tetap sehat selama berpuasa bisa diterapkan dengan mengurangi kegiatan berlebihan yang menghabiskan tenaga.

Jika Anda ingin berolahraga, usahakan dilakukan sore menjelang berbuka puasa sambil ngabuburit untuk meminimalisir risiko haus dan lemas.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Buka puasa perlahan

Meski perut sudah kelaparan, namun hindari menyantap langsung semua makanan & minuman secara terburu-buru. Inilah salah satu cara tetap sehat yang bisa Anda lakukan saat berpuasa.

Dari sudut pandang kesehatan, menyantap makanan terburu-buru dapat membuat sistem pencernaan harus bekerja keras mengolah makanan yang masuk terus menerus. Ini akan membuat perutmu menjadi sakit.

Santaplah sesuatu yang manis dan ringan untuk mulai berbuka puasa. Anda bisa meminum teh manis hangat atau memakan kurma dan takjil. Jangan lupa meminum air putih 1-2 gelas agar tak dehidrasi.

Beri jeda waktu beberapa menit untuk melaksanakan ibadah Maghrib sembari menunggu makanan diolah sebagian dalam perut. Lalu lanjutkan dengan menyantap buah dan makanan berat setelahnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan yang Bisa Mengurangi Gas Berlebih di Perut

Berbuka dengan yang manis

Kurma merah

Cara tetap sehat berpuasa di bulan ramadhan bisa dengan memakan makanan/minuman manis saat berbuka.

Berpuasa membuat kita kekurangan asupan gula. Akibatnya, tubuh jadi lemas dan tak ada energi. Untuk dapat mengisi kembali energi, diperlukan makanan manis.

Makanan/minuman manis disarankan untuk dimakan sebelum makanan utama. Namun perlu diingat, makanan manis seperti takjil harus dimakan sesedikit mungkin.

Makanan manis yang dimakan dalam jumlah banyak saat berbuka malah Anda mudah kenyang sehingga jadi mengantuk.

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

Pilih menu yang tinggi serat dan protein

Makanan Sehat 4 Sehat 5 Sempurna: Sayuran, Daging, Buah-buahan, hingga susu

Cara tetap sehat berpuasa di bulan ramadhan adalah dengan memilah & memilih asupan mana saja yang akan dikonsumsi.

Utamanya, pilihlah hidangan yang mengandung serat & protein yang tinggi. Konsumsi juga buah & sayur agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang hilang selama sedang berpuasa.

Baca Juga: Pilih Kentang yang Bagus, Ikuti 6 Cara Menyimpan Kentang agar Tak Mudah Busuk 

Minum suplemen/vitamin

Cara tetap sehat berpuasa di bulan Ramadhan adalah tak lupa meminum pil suplemen atau vitamin.

Suplemen membuat imun tubuh menjadi lebih kuat ketika tengah berpuasa selama bulan Ramadhan kali ini.

Demikian beberapa cara tetap sehat berpuasa di bulan Ramadhan agar tubuh tetap kuat menjalani puasa selama sebulan penuh. Mari sambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita karena tubuh tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News