HOME

Jelang Idul Adha, Pasokan Hewan Kurban Dipastikan Aman

Jelang Idul Adha, Pasokan Hewan Kurban Dipastikan Aman

MOMSMONEY.ID - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan hewan kurban selama periode Idul Adha 1443 H aman. Direktur Jenderal Perdagangan Oke Nurman mengatakan, saat ini total stok hewan kurban sebanyak 1,7 juta ekor. Oke juga menjamin pasokan aman lantaran saat periode Idul Adha akan ada penambahan pasokan sapi sebanyak 13% dibandingkan bulan sebelumnya.

"Saat ini pasokan hewan kurban terutama sapi sangat mencukupi, terutama untuk kebutuhan idul adha. Ada penambahan 13% sapi dibandingkan bulan sebelumnya. Pemerintah akan selalu berupaya menjaga ketersediaan sapi agar masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan tenang," kata Oke dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7).

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat

1,76 juta ekor hewan kurban yang tersedia untuk periode Idul Adha 2021 ini terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba. Masyarakat pun diminta tidak perlu khawatir adanya kekurangan pasokan hewan mengingat jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini diprediksi mengalami penurunan sekitar 10% dibandingkan tahun 2020 yang sebesar 1,68 juta ekor.

Lebih lanjut, Oke juga menyebut bahwa Kemendag melakukan sejumlah pertemuan dengan perusahaan penggemukan sapi untuk mendapatkan informasi kondisi pasokan masing-masing perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menjamin stok tetap tersedia di pasar.

Kepada para perusahaan penggemukan sapi tersebut, Oke meminta agar mereka mendukung pemerintah menjaga ketersediaan sapi bakalan. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pilihan hewan kurban dengan harga terjangkau.

Oke juga meminta agar pelaku penggemukan sapi menambah jumlah saki yang akan dijual bila diperlukan. Ini juga sebagai langkah antisipasi adanya kenaikan permintaan saat periode Idul Adha 2021.

“Selain itu, mengingat periode Idul Adha merupakan saat yang ditunggu oleh para peternak, maka para peternak selalu menyiapkan pasokan sapi maupun hewan kurban lainnya khusus untuk menghadapi periode ini,” kata Oke.

Selanjutnya: Kurban Lewat Aplikasi Mobile Banking

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News