Santai

JD.ID Resmi Tak Beroperasi di Indonesia dan Thailand

JD.ID Resmi Tak Beroperasi di Indonesia dan Thailand

MOMSMONEY.ID -  Salah satu pemain marketplace di Indonesia, JD.ID berpamitan kepada para penggunanya. Per 31 Maret 2023 ini JD.ID resmi berhenti beroperasi di Indonesia. 

Melalui situs resminya, JD.ID mengatakan per 15 Februari 2023 JD.ID akan berhenti menerima pesanan. Sementara itu semua layanan akan dihentikan pada 31 Maret 2023. 

“Untuk transaksi yang selesai sebelum tanggal penghentian layanan, perusahaan akan memenuhi pesanan seperti biasa, layanan purna jual dan dukungan tetap akan tersedia,” tulis manajemen JD.ID. 

Baca Juga: 5 Masalah Kulit Wajah yang Umum Dialami Remaja, Apa Saja?

Sebagai langkah lanjutan dalam informasi ini, JD.ID memberikan batas waktu penyelesaian transaksi sebagai berikut:

  • 15 Februari 2023: batas akhir pemesanan di aplikasi JD.ID
  • 28 Februari 2023: pesanan terakhir diproses.
  • 15 Maret 2023: layanan purna jual untuk pengguna ditutup.
  • 22 Maret 2023: layanan purna jual terakhir diproses.
  • 31 Maret 2023: aplikasi JD.ID akan dihapus dari Google Playstore dan App Store.

Melansir Tech In Asia, perusahaan marketplace asal China ini juga berhenti beroperasi di Thailand per 3 Maret 2023. Sama seperti di Indonesia, layanan pemesanan melalui aplikasi JD.ID di Thailand juga akan berakhir pada 15 Februari 2023. 

Sementara itu layanan pelanggan tetap akan ada hingga tanggal 15 Maret 2023 di Indonesia dan 30 Maret 2023 di Thailand. 

Sebelumnya, JD.com dilaporkan menutup cabang logistik internalnya pada 22 Januari 2023. JD.com masuk ke pasar Indonesia melalui usaha patungan dengan Provident Capital dan Central Group di Thailand. 

Adapun pada Desember 2022, JD.ID menghentikan 30% karyawannya atau sekitar 200 karyawan dengan alasan tantangan bisnis yang berubah dengan cepat. 

Baca Juga: Ini Lo 6 Bangunan Makanan Cepat Saji McD Terindah di Dunia

Dengan berhentinya operasional JD.ID, kini pemain marketplace di Indonesia hanya ada Shopee, Tokopedia dan Lazada. Dikabarkan, sebelum hengkang JD.ID berjuang keras untuk mencapai 1 juta pengguna aktif di Indonesia. 

Sementara itu Shopee memiliki 31 juta pengguna aktif dan Tokopedia memiliki 17 juta pengguna aktif. Demikian informasi mengenai berhentinya operasional JD.ID. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News