HOME, Keluarga

Jauhkan 6 Tanaman Hias Ini dari Kucing Karena Sangat Beracun Baginya

Jauhkan 6 Tanaman Hias Ini dari Kucing Karena Sangat Beracun Baginya

MOMSMONEY.ID - Sebagian besar kucing sangat suka mengunyah dedaunan. Sementara lainnya mungkin penasaran dan menjadikannya tempat bermain. Tanaman hias atau kebun Anda mungkin akan menjadi sasaran empuk kucing.

Sayangnya, sejumlah tanaman kebun dan tanaman hias umumnya beracun untuk hewan peliharaan. Maka, penting untuk mengetahui tanaman mana yang berpotensi berbahaya dan beracun untuk kucing. Dengan begitu, Anda dapat mencegah kucing mendekatinya. Ini adalah daftar tanaman hias paling umum yang beracun melansir dari ASPCA.

Baca Juga: Ingin Memandikan Kucing? Ini Waktu yang Baik untuk Memandikannya!

Azalea

Azalea adalah spesies dari semak berbunga yang beracun bagi kucing. Ada lebih dari ribuan spesies dalam keluarga tanaman ini dan tingkat toksisitasnya yang bervariasi. Ada senyawa grayantoxin yang tersebar di seluruh bagian tanaman, sehingga semuanya cukup beracun bila tertelan sedikit. Ini dapat menyebabkan air liur berlebih, diare, kurang nafsu makan, aritma jantung, kelemahan, tremor, kebutaan sementara, dan kejang. Paling fatal dapat menyebabkan koma hingga kematian.

Philodendron

Philodendron adalah tanaman dari keluarga Araceae. Meski ini indah, semua ragamnya sangat beracun bagi hewan peliharaan, seperti kucing. Ini karena kandungan kristal kalsium oksalat di dalamnya. Bila termakan oleh kucing, ini akan menyebabkan iritasi mulut, rasa terbakar dan iritasi hebat pada mulut, bibir, air liur berlebihan, muntah, serta kesulitan menelan.

Dieffenbachia

Dieffeanbachia (Dieffenbachia spp.) adalah bagian dari genus tanaman berbunga tropis dalam keluarga Araceae. Tanaman ini juga mengandung kristal kalsium oksalat yang tidak larut dan enzim proteolitik. Jika termakan, dapat menyebabkan iritasi mulut, rasa terbakar, liritasi lidah dan bibir, air liur berlebihan, muntah, dan kesulitan menelan.  

Sagu Palm

Sagu palm (Cycas revoluta) atau juga dikenal dengan sikas adalah tanaman yang umum ditemukan di iklim tropis. Ini banyak dipelihara sebagai tanaman hias. Namun, semua bagian tanamannya beracun dan bijinya yang paling mematikan untuk kucing. Ini karena senyawa sikasin yang dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah. Gejala keracunannya termasuk muntah, diare, kelesuan, peningkatan rasa haus, dan memar. Paling fatal dapat menyebabkan kematian pada hewan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kucing Sangat Menyukai Tanaman Catnip

Lidah Mertua

Di balik manfaatnya yang baik untuk lingkungan, lidah mertua (Sansevieria trifasciata) rupanya bukan sesuatu yang aman untuk kucing. Ini adalah tanaman beracun yang mengandung saponin. Ini adalah zat beracun yang dapat menghancurkan butir darah atau hemolisis pada darah. Bila termakan kucing, ini dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

English Ivy

English ivy memiliki banyak kelebihan untuk menutupi tanah, dinding, atau peneduh di teralis. Efeknya dalam menanggulangi racun di udara juga sangat baik. Sayangnya, banyak spesies ivy termasuk English ivy dianggap cukup beracun bagi kucing. Daunnya bahkan lebih beracun daripada buah. Ini karena senyawa saponin triterpenoid (hederagenin) di dalamnya. Jika tertelan, ini dapat menyebabkan muntah, nyeri perut, air liur berlebih, diare, dan disertai dengan kesulitan bernapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News