Keluarga

Jauh dari Membosankan, Simak Cara Membersihkan Rumah yang Menyenangkan

Jauh dari Membosankan, Simak Cara Membersihkan Rumah yang Menyenangkan

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah kerap dianggap sebagai salah satu kegiatan yang melelahkan dan menguras tenaga, sehingga tidak disukai oleh sebagian orang.

Oleh karena itu, kadang rumah dibiarkan kotor dan berantakan begitu saja. Padahal, rumah yang kotor tak hanya terlihat kurang nyaman, tapi juga dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan.

Supaya Anda lebih bersemangat saat membersihkan rumah, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat kegiatan bersih-bersih tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Penasaran bagaimana caranya? Merangkum penjelasan dari MyDomaine dan Real Simple, berikut triknya.

Baca Juga: 6 Ide Memanfaatkan Dinding Kosong di Atas Tempat Tidur, Jangan Bingung Lagi!

Nyalakan TV

Di era modern seperti sekarang, Anda bisa mengakses berbagai acara TV dan film dengan mudah hanya dengan aplikasi streaming, baik yang gratis maupun berbayar.

Nah, supaya Anda tak menghabiskan waktu seharian di depan TV, cobalah untuk menonton TV sambil mengerjakan hal lain, misalnya mengelap meja yang berdebu atau memilah barang yang tak terpakai. Jadi, rumah bersih dan rapi, Anda pun puas menonton TV.

Gunakan alat kebersihan yang disukai

Saat ini, sudah banyak alat kebersihan dengan desain yang unik sekaligus fungsional. Sebut saja vacuum cleaner, sapu, alat pel, kain lap, hingga deterjen dan sabun cuci piring dengan wangi yang tidak biasa.

Nah, supaya Anda makin bersemangat saat membersihkan rumah, cobalah untuk menggunakan beberapa alat kebersihan yang Anda sukai. Dijamin, kegiatan bersih-bersih rumah akan terasa lebih menyenangkan.

Anggap sebagai olahraga

Karena banyak melibatkan fisik, pada dasarnya kegiatan bersih-bersih rumah sama saja dengan workout atau berolahraga.

Jadi, anggaplah kegiatan bersih-bersih sebagai olahraga di rumah. Bahkan, jika ingin, Anda bisa menyelingi kegiatan bersih-bersih dengan beberapa gerakan olahraga tertentu, seperti naik-turun tangga, sit-up, atau push-up. Rumah bersih, tubuh pun makin sehat.

Baca Juga: Trik Merapikan Rumah dengan Metode KonMari, Bikin Rumah Makin Nyaman Ditinggali!

Dengarkan lagu atau podcast

Membersihkan rumah saat sepi kadang memang terasa kurang nyaman. Jika Anda kurang suka menonton TV, coba dengarkan lagu atau podcast kesukaan sambil membersihkan rumah.

Tergantung selera, Anda bisa menyambungkan ponsel ke bluetooth speaker atau menggunakan earphone untuk mendengarkan lagu atau podcast. Kegiatan bersih-bersih rumah pun akan terasa lebih ramai.

Atur batasan waktu

Terkadang, membersihkan rumah terasa seperti pekerjaan yang tidak ada habisnya. Oleh karena itu, tak heran kegiatan ini terkesan sangat membebani dan melelahkan.

Nah, salah satu trik untuk meringankan beban tersebut adalah dengan mengatur batasan waktu bersih-bersih. Misalnya, luangkan waktu hingga siang atau sore untuk membersihkan rumah, lalu lanjutkan sisanya besok. Dengan memiliki batasan waktu, Anda bisa membersihkan rumah dengan lebih efisien.

Beri self-reward

Karena termasuk kegiatan yang melelahkan, Anda boleh-boleh saja memberikan penghargaan kecil pada diri sendiri alias self-reward jika sudah selesai membersihkan rumah.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih untuk mandi berendam di dalam bathtub, menonton film favorit, hingga tidur siang. Dengan self-reward, Anda akan lebih termotivasi untuk membersihkan rumah secepat dan seefisien mungkin.

Itulah beberapa trik untuk membuat kegiatan bersih-bersih di rumah menjadi lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News