HOME, Santai

Jaringan 5G Indonesia Punya 3 Frekuensi yang Kecepatannya Berbeda

Jaringan 5G Indonesia Punya 3 Frekuensi yang Kecepatannya Berbeda

MOMSMONEY.ID - Jaringan 5G di Indonesia secara resmi dapat digunakan sejak 27 Mei 2021. Meskipun begitu, ada beberapa fakta mengenai hadirnya jaringan super cepat ini.

Jaringan 5G belum dapat digunakan di seluruh daerah di Indonesia. Pada awal pengenalannya, jaringan ini hanya ada di beberapa wilayah di Jabodetabek. Nantinya, penyebaran jaringan 5G akan diperluas ke kota-kota besar.

Apabila melihat Ookla 5G Maps, maka ada 8 wilayah di Indonesia yang memiliki jaringan 5G. Daerah-daerah tersebut adalah Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan.

Baca Juga: Inilah Pilihan HP 5G dengan Harga 3 Jutaan

Lapisan dalam Jaringan 5G 

Meskipun Anda memiliki smartphone atau perangkat yang mampu menangkap sinyal 5G di sebuah berjaringan 5G, perangkat tersebut belum tentu bisa bekerja. Alasannya adalah karena frekuensi 5G di Indonesia terbagi menjadi 3 lapisan. 

Melansir kominfo.go.id, jaringan 5G di Indonesia dibagi menjadi 3 lapis. Setiap daerah dapat memiliki ketiga lapis tersebut atau hanya satu lapis saja. Ketiga lapis tersebut kemudian disebut sebagai low band, middle band, dan high band.

Jaringan 5G low band adalah jaringan yang memiliki frekuensi dibawah 1Ghz. Lapisan dari jaringan 5G ini akan digunakan dalam tahap pemerataan ke daerah kecil di Indonesia. Selain itu, lapisan ini cocok digunakan untuk memaksimalkan kualitas sinyal di luar ruangan. 

Jaringan 5G middle band lebih baik berimbang low band dari sisi kecepatan. Lapisan middle band merupakan lapisan yang memiliki frekuensi 1 Ghz sampai 6 Ghz. Jaringan 5G dalam frekuensi ini akan digunakan untuk mobile broadband.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Saluran Televisi Digital

Lapisan terakhir dari jaringan 5G adalah lapisan high band. Lapisan ini memiliki frekuensi lebih dari 6Ghz. Karena memiliki kualitas yang sangat baik, maka lapisan lebih cocok diperuntukkan bagi sektor industri.

Itulah tadi beberapa lapisan yang ada pada jaringan 5G. Sebelum membeli smartphone berfitur jaringan 5G, pastikan sensor dalam smartphone tersebut mampu mendeteksi jaringan 5G sesuai frekuensi yang tersedia di kota Anda.

Selanjutnya: Belajar Bisnis dari Aplikasi Kuncie oleh Telkomsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News