Bugar

Jarang yang Tahu, Inilah 5 Manfaat Labu Kuning untuk Wajah

Jarang yang Tahu, Inilah 5 Manfaat Labu Kuning untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Jarang yang tahu, ternyata labu kuning memiliki manfaat baik untuk kulit wajah. Labu kuning mengandung vitamin C, vitamin E, beta karoten, riboflavin, niasin, folat, dan vitamin B6 yang diperlukan kulit agar tetap sehat dan cantik.

Labu kuning biasanya diolah menjadi bahan makanan, namun Anda juga bisa mengolahnya menjadi masker wajah. Labu kuning cocok digunakan untuk pemilik jenis kulit berminyak dan kering.

Lebih jelasnya,berikut lima manfaat labu kuning untuk wajah dikutip dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pertama labu kuning untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Labu kuning mengandung antioksidan yang bisa membantu mempertahankan sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan keriput hingga kanker kulit.

Selain itu, labu kuning juga mengandung beta karoten dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu mengembalikan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV serta memperbaiki tekstur kulit. 

2. Mengatasi Flek Hitam

Terganggu dengan flek hitam di wajah? Labu kuning dipercaya mampu mengatasinya. Cara mengolahnya yaitu siapkan satu sendok makan labu kuning yang sudah dihaluskan, satu sendok teh madu, 1 sendok teh jeruk nipis, dan 1 sendok teh minyak vitamin E.

Kemudian, oleskan campuran ini pada area wajah, diamkan hingga 30 menit, dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca Juga: Pahami Bromhidrosis dan Cara Mengatasinya dengan Tepat, Yuk!

3. Mengatasi Jerawat & Bekas Jerawat

Manfaat labu kuning untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Labu kuning mengandung riboflavin, niasin, folat, dan vitamin B6, membuat labu kuning bermanfaat untuk meredakan dan mengatasi jerawat.

Kemudian, terdapat kandungan zinc pada labu kuning berfungsi membantu proses pemulihan kulit serta membantu mencegah timbulnya jerawat.

Kandungan asam alfa hidroksi dan enzim pada labu kuning dapat memecah sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi sehat dan kuat. Selain itu, adanya beta karoten pada labu kuning juga dapat memperbaiki kulit dan mampu menghaluskan bekas jerawat.

4. Melembapkan Kulit

Berkat kandungan vitamin E dan antioksidan di dalam labu kuning dapat melembapkan kulit. Anda bisa menggunakan masker labu kuning selama dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang lembap dan sehat.

5. Mencerahkan Kulit

Manfaat labu kuning lainnya adalah bisa mencerahkan kulit. Enzim yang terkandung pada labu kuning fungsinya mirip dengan kandungan alpha hydroxyl yang ada pada produk pencerah kulit. Cara kerja enzim ini yaitu dengan menyingkirkan sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah.

Nah, itulah manfaat labu kuning untuk wajah yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News