Bugar

Jarang Diketahui Orang, Ini Sederet Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

Jarang Diketahui Orang, Ini Sederet Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat lada hitam untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

Lada hitam merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam pembuatan makanan sehari-hari. 

Terbuat dari merica yang digiling, lada hitam memiliki rasa yang pedas dan tajam yang bisa membuat makanan terasa semakin nikmat. 

Tidak hanya bermanfaat sebagai penambah rasa makanan, lada hitam juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan berkat senyawa bioaktifnya, yaitu piperin.  

Kandungan senyawa di dalam tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, merangkum dari Mayo Clinic, antara lain: 

Baca Juga: Penikmat Durian Wajib Tahu, Ini Manfaat Durian yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya antioksidan

Manfaat lada hitam untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang yang pertama adalah kaya antioksidan. 

Kandungan piperin merupakan komponen kunci dalam lada hitam yang memberi manfaat kesehatan, karena komponen tersebut memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan bisa mencegah efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. 

Bila masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan, radikal bebas bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti peradangan, penuaan dini, penyakit jantung dan kanker. 

2. Memperkuat imun tubuh

Manfaat lada hitam untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang yang kedua adalah memperkuat imun tubuh. 

Sistem kekebalan yang kuat penting untuk membantumu menghindari dan melawan penyakit, dan lada hitam bisa mendukung hal itu. 

Senyawa aktif dalam rempah-rempah tersebut berperan dalam meningkatkan sel darah putih, yang digunakan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! Ini 5 Penyebab Utama Asam Lambung Naik

3. Baik untuk kesehatan usus dan pencernaan

Manfaat lada hitam lainnya adalah memperlancar pencernaan. Lada hitam juga memiliki sifat karminatif yang membantu mengurangi ketidaknyamanan dan penumpukan gas di usus. 

Hal itu karena rempah-rempah tersebut membantu merangsang asam klorida di perut, sehingga bisa mencerna dan menyerap makanan yang Anda makan dengan lebih baik. 

4. Mencegah peradangan

Manfaat lada hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah lada hitam mampu mencegah peradangan. 

Selain piperin, lada hitam juga mengandung senyawa antiinflamasi lainnya termasuk minyak esensial limonene dan beta-caryophyllene yang dapat mencegah tubuh dari peradangan kronis. 

Jadi, alih-alih menggunakan garam, Anda bisa menggunakan lada hitam sebagai penambah rasa makanan yang lebih aman dan banyak manfaat kesehatan. 

Namun, hati-hati, lada hitam bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Itulah sederet manfaat lada hitam untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News