Bugar

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Jamur ganoderma umumnya tumbuh di kayu dan banyak ditemukan di wilayah panas dan lembap. 

Jamur ini memiliki bentuk menyerupai kipas dan berwarna cokelat keunguan. Tak hanya sebagai bahan masakan, jamur ganoderma juga diketahui baik untuk kesehatan.

Jamur ini sudah sejak lama digunakan di Asia sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Jamur Kancing untuk Kesehatan Tubuh

Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, dilansir dari Mayo Clinic, jamur ganoderma dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, antara lain: 

Membantu menekan sel kanker

Menurut jurnal penelitian yang berjudul Sifat-Sifat Biokimiawi dan Fabrikasi Ganoderma Jamur Patogen Pohonan, dalam jamur ganoderma terdapat kandungan antitumor dan antikanker.

Kandungan ini membantu tubuh dalam melawan sel-sel kanker sehingga tidak berkembang juga mampu mencegah pertumbuhan sel kankerdan menekan efek tumbuhnya tumor.

Meredakan rasa cemas dan depresi

Manfaat jamur ganoderma yang pertama adalah membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini dikarenakan dalam jamur terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat lainnya dari jamur ganoerma untuk kesehatan tubuh adalah mencegah penyakit jantung yang Anda alami. 

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa jamur ganoderma dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Jamur, Salah Satunya Bisa Cegah Hipertensi

Melindungi sel dari kerusakan

Beberapa senyawa kimia dalam jamur ganoderma, termasuk polisakarida dan triterpenoid, juga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dapat melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Manfaat jamur ganoderma juga bisa menjaga kesehatan hati dan ginjal. Hal ini karena kandungan triterpenoid dan karbohidrat yang mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada bagian hati.

Selain itu, jamur ganoderma juga dapat membantu mengatasi kondisi hati yang berlemak ringan dan juga membantu tubuh menjaga kesehatan ginjal.

Meski jamur ganoderma dipercaya memiliki beragam manfaat, tetapi akan lebih baik bila Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News