Bugar

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Gambir untuk Kecantikan Wajah

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Gambir untuk Kecantikan Wajah

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu beberapa manfaat gambir untuk kecantikan wajah. Gambir atau uncaria mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan.

Kandungan antioksidan di dalam gambir dapat menghambat proses oksidasi yang terjadi pada sel tubuh, termasuk sel kulit.

Sehingga kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan lebih segar. Ekstrak gambir dalam produk skincare memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membuat efek kulit lebih cerah.

Lebih jelasnya, berikut lima manfaat gambir untuk kecantikan wajah dilansir dari manfaat.co.id, yaitu: 

1. Mengatasi jerawat dan flek hitam

Pertama, manfaat gambir untuk wajah adalah mengatasi jerawat dan flek hitam di wajah. Gambir telah terbukti efektif dapat mengatasi masalah kulit wajah ini.

Gambir memiliki kandungan katekin yang bermanfaat dalam mengobati jerawat dan menghilangkan bekas-bekas flek hitam akibat jerawat.

Ekstrak gambir dapat menghambat terjadinya inflamasi pada kulit. Selain jerawat, flek hitam akibat bekas jerawat atau paparan sinar matahari juga dapat diatasi dengan ekstrak gambir. 

Flek hitam seringkali muncul di area bawah mata dan sekitar pipi. Membuat penampilan wajah Anda jadi terganggu. 

2. Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat gambir untuk kecantikan selanjutnya adalah memperlambat penuaan dini. Gambir mengandung tannin yang berfungsi untuk membuat ekstrak anti aging yang bermanfaat mencegah penuaan dini.

Agar penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus dapat diatasi, Anda bisa memanfaatkan kandungan ekstrak gambir untuk rangkaian perawatan harian kulit wajah agar tetap tampil bercahaya. 

Baca Juga: Promo Kredivo Selama Maret 2023 di PegiPegi, Nikmati Cicilan 0% Buat Liburan Hemat

3. Menangkal Radikal Bebas

Gambir dikenal mampu memperbaiki sel kulit rusak akibat radikal bebas. Gambir salah satu bahan alami yang berperan dalam meregenerasi sel kulit baru.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan masker wajah yang memiliki kandungan gambir. Hal ini akan menjadikan sel-sel kulit yang rusak dapat regenerasi kembali.

4. Meningkatkan Produksi Kolagen

Gambir juga mampu meningkatkan produksi kolagen untuk kulit wajah. Kolagen merupakan protein yang penting dijaga keberadaannya untuk mempertahankan elastisitas kulit wajah.

Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung ekstrak gambir, dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Sehingga, akan merawat elastisitas kulit wajah Anda dan membuatnya terlihat lebih kenyal dan lembab secara alami.

5. Kulit Menjadi Cerah dan Elastis

Manfaat gambir lainnya adalah kulit menjadi cerah dan elastis.Kandungan tannin yang terdapat pada tanaman gambir, dapat membantu mencerahkan kulit wajah anda.

Selain itu, gambir juga memiliki manfaat dan kandungan yang mampu menjaga kelembaban kulit wajah dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. Pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak gambir. 

Nah, itulah beberapa manfaat gambir untuk kecantikan wajah yang jarang orang tahu. Ternyata banyak sekali manfaat baiknya untuk kulit wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News