Bugar

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Tapak Dara untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Tapak Dara untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Daun tapak dara atau Madagascar periwinkle merupakan tanaman tropis setinggi 80–100 cm dengan bunga berwarna merah muda, ungu, dan putih.

Semua bagian tanaman tapak dara, seperti akar, bunga, daun, dan batangnya bisa dimanfaatkan sebagai obat alami.

Beragam manfaat tapak dara bisa Anda dapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti karbohidrat, flavonoid, saponin, dan alkaloid.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

Namun, alkaloid adalah senyawa yang paling berpotensi membawa manfaat tanaman tapak dara. Dilansir dari Mayo Clinic, di bawah ini adalah manfaat tapak dara bagi kesehatan, antara lain: 

Diabetes

Daun tapak dara dapat berfungsi sebagai obat alami diabetes tipe-2. Daun dan bunganya digunakan untuk mengontrol gula darah yang tinggi.

Caranya dengan membuat teh herbal dari daun dan bunga tapak dara, kemudian dikonsumsi pagi hari. Atau juga dapat langsung mengunyah 3-4 lembar daun tapak dara.

Antikanker dan antitumor

Daun dan batang tanaman ini mengandung alkaloid yang memiliki sifat antikanker dan antitumor. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. 

Mengatasi hipertensi

Untuk mengatasi hipertensi, ambil sebanyak lima lembar daun tapak dara segar, kemudian olah menjadi jus, lalu diekstraksi.

Minumlah sebanyak 2-3 mililiter jus daun tapak darah di pagi hari. Obat herbal ini sangat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan flavonoid dan vinpocetine yang terkandung dalam ekstrak daun tapak dara memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL).

Mengobati diare

Ini juga merupakan salah satu manfaat tapak dara. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak etanol dari daun tapak dara memiliki sifat antidiare yang baik, sehingga bisa membantu meredakan gejala dan mengatasi diare.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin menggunakan tapak dara untuk mengobati penyakit yang Anda derita, pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Dengan begitu, dokter bisa menyarankan pengobatan terbaik untuk kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News