Bugar

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Manfaat bunga melati telah lama dikenal sebagai bahan baku pembuatan parfum, sabun, losion, aromaterapi, bahkan campuran teh.

Melati juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, bunga melati memiliki sifat antibakterial yang sangat bermanfaat.

Lebih dari itu, bunga melati dapat diolah menjadi berbagai produk kecantikan maupun kesehatan dengan khasiatnya masing-masing, antara lain: 

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji Merah untuk Tubuh yang Perlu Anda Ketahui. Cari Tahu Yuk!

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat bunga melati adalah menjaga kesehatan kulit. Bunga melati mengandung minyak esensial alami yang dipercaya dapat melembapkan, mengatasi peradangan, dan membasmi kuman di kulit.

Beberapa riset pun menunjukkan bahwa bunga melati bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan kulit kering, serta membantu proses pemulihan luka.

Untuk mendapatkan manfaat bunga melati yang satu ini, Anda bisa menggunakan pelembap, serum wajah, atau minyak esensial yang terbuat dari bunga melati.

Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Teh bunga melati mengandung antioksidan, kafein, dan asam amino theanine yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Kandungan-kandungan tersebut juga dipercaya dapat meningkatkan fokus dan memori, serta mengurangi risiko terjadinya pikun dan demensia.

Baca Juga: Bisa Dicoba! 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Rematik

Meredakan stres

Melati yang digunakan sebagai minyak esensial, terutama yang berasal dari bunga, baik bunga sedap malam maupun bunga melati memiliki aroma yang lembut dan menyegarkan, sehingga sering kali digunakan sebagai aromaterapi. 

Aroma bunga melati disebut dapat meredakan stres, membuat Anda menjadi lebih rileks, dan mengurangi rasa cemas.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Teh bunga melati memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.

Untuk menikmati manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi teh bunga melati sebanyak 1–3 cangkir per hari.

Jika Anda mengalami gejala efek samping setelah mengonsumsi teh bunga melati atau menggunakan produk yang mengandung bunga melati, jangan ragu untuk pergi ke dokteragar penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News